Penulis Utama : Isnaini Aisah
NIM / NIP : K4414025
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan media kartu soal dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas dengan sampel data dari kelas X IPS 3 SMA N 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Uji validitas data dengan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi data dan metode. Analisis data dilaksanakan menggunakan model analisis deskriptif komparatif dan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase pencapaian indikator keterampilan sosial siswa dari 67,81% pada prasiklus, menjadi 73,52% pada siklus I, dan 81,10% pada siklus II. Rata-rata persentase pencapaian indikator keterampilan sosial tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu >80%. Persentase jumlah siswa yang mencapai keterampilan sosial kategori tinggi juga mengalami peningkatan yaitu dari 21,21% pada prasiklus, meningkat menjadi 51,52% pada siklus I dan 81,82% pada siklus II. Persentase pencapaian keterampilan sosial kategori tinggi tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu >80%; 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan media kartu soal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Ngemplak Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM (75) yaitu dari 54,55% pada prasiklus, menjadi 69,70% pada siklus I dan 93,94% pada siklus II. Pencapaian persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (75) tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu >80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran numbered heads together (NHT) dengan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: numbered heads together (NHT), media kartu soal, keterampilan sosial, prestasi belajar.

×
Penulis Utama : Isnaini Aisah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414025
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas X Ips 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Pendidikan Sejarah-K4414025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S., M. Pd,
2. Drs. Herimanto, M. Pd, M. Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.