Penulis Utama : Aji Nugroho
NIM / NIP : K2514007
×

ABSTRAK

Masalah yang dihadapi dalam pengolahan bahan bakar padat dari biomassa adalah rendahnya kualitas bahan bakar padat, terutama dalam hal nilai kalor. Salah satu treatment yang dapat meningkatkan kualitas bahan bakar padat  secara efisien dan rendah emisi yaitu dengan teknologi hydrothermal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hydrothermal treatment limbah kulit ketapang terhadap nilai kalor dan komposisi kimia dari bahan bakar padat yang dihasilkan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi eksperimental. Eksperimen hydrothermal ini dilakukan di Laboratorium Bioenergi Universitas Janabadra, Yogyakarta. Percobaan ini dilakukan pada variasi suhu 160°C dan 220°C dengan holding time 30 dan 60 menit. Rasio yang digunakan antara limbah kulit ketapang dan air adalah 1:4. Untuk mengetahui kualitas bahan bakar padat dilakukan pengujian nilai kalor dan analisis proximate.
Nilai kalor tertinggi dihasilkan pada variasi suhu 220°C holding time 60 menit, yaitu 4.675,25 cal/gram. Nilai tersebut memenuhi standar nilai kalor bahan bakar padat Austria (ONORM M 7135) yaitu ≥ 4299,5 cal/gram. Apabila dilihat dari komposisinya, analisis proximate menunjukkan penurunan kadar air, kadar abu, volatile matter dan peningkatan kadar karbon seiring dengan peningkatan variasi suhu dan holding time hydrothermal treatment. Pada variasi ini kadar air mencapai 6,4%, kadar volatile sebesar 51,8%, kadar abu mencapai 2,2%, dan kadar karbon 39,58%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan kualitas bahan bakar padat secara signifikan. Oleh karena itu, teknologi hydrothermal mampu menjawab kebutuhan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

Kata Kunci : Bahan bakar padat, teknologi hydrothermal, limbah kulit ketapang

 

×
Penulis Utama : Aji Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514007
Tahun : 2018
Judul : Studi Eksperimental Komposisi Bahan Bakar Padat dari Limbah Kulit Ketapang (Terminalia Catappa) dengan Teknologi Hydrothermal
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Program Studi Pend. Teknik Mesin- K2514007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Agung Pambudi, M.Eng
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.