Penulis Utama : Yekti Raras Gumilar
NIM / NIP : C0114067
×

ABSTRAK 

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penanda lingual dan maksud subtindak tutur ekspresif pada acara Ndoro Bei di JTV Surabaya Jawa Timur?; (2) apakah yang melatarbelakangi dari maksud tindak tutur ekspresif yang terdapat pada acara Ndoro Bei di JTV Surabaya Jawa Timur? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penanda lingual dan maksud subtindak tutur ekspresif pada acara Ndoro Bei di JTV Surabaya Jawa Timur; (2) mengetahui latar belakang dari maksud tindak tutur ekspresif yang terdapat pada acara Ndoro Bei di JTV Surabaya Jawa Timur. 

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan dalam acara Ndoro Bei di JTV Surabaya Jawa Timur yang mengandung bentuk-bentuk subtindak tutur ekspresif. Sumber data penelitian ini yaitu teks acara Ndoro Bei di JTV Surabaya Jawa Timur yang didapatkan dari video youtube episode kos-kosan pada tanggal 28 April 2017 yang telah di transkip menjadi teks. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan menggunakan teknik dasar yaitu teknik sadap dan teknik lanjutan berupa teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). 

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) penanda lingual dan maksud subtindak tutur ekspresif meliputi : (a) subtindak tutur memuji (b) subtindak tutur humor, (c) subtindak tutur mengeluh, (d) subtindak tutur basabasi, (e) subtindak tutur mengkritik, (f) subtindak tutur meminta maaf. (g) subtindak tutur berterima kasih; (2) faktor yang melatarbelakangi penggunaan subtindak tutur ekspresif meliputi: (a) konteks fisik, (b) konteks epistemis, dan (c) konteks sosial. 

Kata Kunci : tindak tutur ekspresif, Ndoro Bei di JTV, pragmatik. 

×
Penulis Utama : Yekti Raras Gumilar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114067
Tahun : 2018
Judul : Tindak Tutur Ekspresif dalam Acara Ndoro Bei di Jtv Surabaya Jawa Timur (Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Program Studi Sastra Daerah-C0114067 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.