Penulis Utama : Shofi Nur Inayati
NIM / NIP : I0114113
×

ABSTRAK

Pengaruh pertumbuhan kendaraan bermotor dapat memberi efek samping yang cukup buruk pada lingkungan. Salah satu upaya untuk menuju transportasi ramah lingkungan yaitu menggiatkan konsep bike sharing. Penggunaan sepeda tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, sehingga menjadi salah satu bentuk solusi dalam menurangi emisi gas rumah kaca. Kota Surakarta meiliki banyak tempat wisata dan merupakan salah satu kota yang menjadi ujuan wisata masyarakat Indonesia, oleh karena itu Surakarta merupakan salah satu kota yang cocok untuk diterapkan konsep bikesharing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui probabilitas pemilihan moda antara sepeda sewa dengan becak di tempat wisata Kota Surakarta.
 
Data primer yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan kuisioner kepada 289 responden yang ada di sekitar Benteng Vastenburg dan Keraton Surakarta. Kuisioner yang diberikan pada responden terdiri dari 2 bentuk formulir. Formulir 1 berisi data karakteristik responden dan formulir 2 berisi pilihan responden terhadap 8 skenario yang diperoleh dari 3 atribut yaitu biaya, waktu tempuh, dan comfort. Dalam penelitian ini digunakan metode Stated Preference untuk mengukur/memperkirakan bagaimana masyarakat memilih moda perjalanan yang belum ada.  
 
Untuk menentukan probabilitas digunakan metode logit binomial. Dari hasil analisis data diperoleh model pemilihan moda sepeda sewa  Usp-b = 1.028 - 0,000099 (Bsp - Bb) - 0.245 (Wsp - Wb) + 1,954 (Csp - Cb). Probabilitas terbesar adalah 95,16% pada saat biaya becak tinggi, waktu tempuh sepeda normal, waktu tempuh becak lama, dan sepeda nyaman. Didapatkan juga nilai probabilitas terendah sebesar 29,35% yang terjadi pada saat biaya becak rendah, waktu tempuh sepeda lama, waktu tempuh becak normal, dan sepeda kurang nyaman. Dapat disimpulkan bahwa selanjutnya dapat diterapkan sepeda sewa dengan kondisi sepeda dengan waktu tempuh normal dan keadaan sepeda nyaman minimal memiliki keranjang dan saddle sepeda nyaman. Probabilitas pengguna sepeda sewa tersebut untuk tingkat akurasi 84%.
 
Kata Kunci : Stated Preference, Logit Binomial, Sepeda Sewa, Becak, Pemilihan Moda

×
Penulis Utama : Shofi Nur Inayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114113
Tahun : 2018
Judul : Model Pemilihan Moda Antara Sepeda Sewa dengan Becak Menggunakan Metode Stated Preference Studi Kasus : Rute Benteng Vastenburg ke Keraton Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0114113-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Handayani, S.T, MT.
2. Amirotul MHM, S.T., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.