Penulis Utama : Ganis Farahiya
NIM / NIP : C0814015
×

ABSTRAK

Islamic Center erat kaitannya dengan karya arsitektur islam yang pertama kali, yaitu masjid. Beranjak dari masjid inilah kemudian muncul gagasan tentang Islamic Center ini, yang merupakan pengembangan dari beberapa kegiatan-kegiatan yang tidak terwadai dalam sebuah masjid. Islamic Center memiliki pengertian wadah fisik yang menampungh beberapa kegiatan dan penunjang keislaman. Di antara kegiatan-kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan ibadah, mu'amalah dan dakwah.Islamic Center juga mempunyai peran sebagai pusat atau sentra informasi keislaman baik bagi umat muslim maupun bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan ingin belajar tentang islam. Islamic Center juga merupakan pengembangan lebih lanjut dari fungsi masjid yang mampu menampung lebih luas fasilitas-fasilitas kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Di Surakarta jumlah masjid baik yang besar maupun yang kecil mencapai jumlah yang banyak. mengingat jumlah masjid yang bengitu besar diperlukannya pengembangan lebih lanjut dari fungsi masjid yang mampu menampung lebih luas fasilitas-fasilitas kebutuhan masyarakat sekitar, dan mengingat usaha dan efektivitas tersebut sebagai pusat kegiatan umat mencakup beberapa bidang yang di butuhkan. melihat permasalahan diatas, maka di butuhkan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan rohani dan memiliki lingkungan yang mendukung untuk proses belajar keagamaan dan lainnya. dengan melihat dari kenyataan bahwa banyaknya tempat ibadah yang telah di bangun namun masih kurangnya minat masyarakat yang datang dikarenakan kurangnya pengembangan dari fasilitas yang ada, munculah ide untuk membuat proyek Islamic Center yang di dalamnya di lengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendorong minat masyarakat. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan  banyaknya jumlah masyarakat yang datang untuk belajar maupun memenuhi kebutuhan kehidupannya melalui Islamic Center di Kota Surakarta.

Kata kunci : Interior, Islamic Center, Masjid

×
Penulis Utama : Ganis Farahiya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0814015
Tahun : 2018
Judul : Perencanaan dan Perancangan Interior Islamic Center di Surakarta (Lobi, Cafe, Perpustakaan, Museum, Sekolah Madrasah, Kantor)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2018
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain Prog. Studi Desain Interior-C0814015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rahmanu Widayat M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.