Penulis Utama : Ruslina Dwi Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S241508009
Tahun : 2018
Judul : Persepsi Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kepolisian Resor Wonogiri dalam Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Administrasi Publik-S241508009-2018
Subyek : IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS, KEPUASAN MASYARAKAT, KUALITAS PELAYANAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pelayanan publik merupakan bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Keperluan-keperluan yang bersifat administratif yang melibatkan lembaga-lembaga tertentu, selalu membutuhkan pelayanan. Oleh karenanya pelayanan   sudah   seharusnya   dilakukan   secara   berkualitas   sesuai   dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani. Ombudsman selaku lembaga negara yang berwenang  melakukan  pengawasan  penyelenggaranaan  pelayanan  publik  di seluruh Indonesia telah menerima pengaduan terkait pelayanan kepolisian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Polres Wonogiri dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sifat kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 96 responden dengan sampling insidential. Tehnik pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis dalam penelitian ini menggunankan metode Importance Performance Analysis  (IPA)  yang diukur  menggunakan  6 dimensi yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles, Akuntabilitas, dengan membandingkan antara harapan masyarakat dan kualitas pelayanan yang ada. Pengumpulan data dengan kuisioner secara acak yang disebarkan kepada 96 masyarakat yang melakukan penerbitan pada periode 2017.

Secara umum pelayanan pada pembuatan SKCK Polres Wonogiri termasuk dalam kategori baik yang dilihat terdapat lebih dari separuh (58,3%) indikator pelayanan atau sebanyak 14 dari 24 indikator pelayanan yang diujikan terhadap responden nilainya  diatas  rata-rata,  namun  demikian  penelitian  ini  menemukan  bahwa kualitas pelayanan di unit pelayanan SKCK Polres Wonogiri belum memuaskan berdasarkan tingkat kesesuaian total didapatkan hasil 99.1% (Tki total < 100%). Ada beberapa indikator yang perlu lebih ditingkatkan yaitu pada semua dimensi khususnya dimensi assurance yang mendapatkan nilai paling rendah, kemudian dimensi lainnya. Dari penelitian ini didapatkan bahwa tingkat harapan masyarakat yang tinggi atas kualitas pelayanan yang sudah diberikan sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan kepada unit pelayanan SKCK PolresWonogiri dalam meningkatkan kualitas pelayanannya agar bisa memenuhi harapan masyarakat

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti N, M.Si.
2. Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana