Penulis Utama : Fatnan Setyo Hariwibowo
NIM / NIP : S961408005
×

Abstrak

Sepsis  dinyatakan  sebagai  salah  satu  penyebab  kematian  terbesar  di rumah sakit di dunia. Nutrisi enteral pada pasien sepsis menjadi salah satu pilar utama terapi non farmakologis selain pemberian secara parenteral. Namun, usia tua dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi absorbsi nutrisi pasien sepsis. Teknik pemberian nutrisi merupakan tatalaksana penting karena kondisi malnutrisi secara signifikan meningkatkan mortalitas, dapat dilakukan dengan cara bolus, intermiten, maupun kontinyu. Penelitian terbaru terdapat efek positif pemberian  nutrisi  enteral  kontinyu  terhadap  mortalitas.  APACHE  II saat  ini merupakan sistem skor yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dalam penilaian derajat keparahan suatu penyakit dan LOS berhubungan dengan angka mortalitas.
Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh pemberian nutrisi enteral secara kontinyu dibandingkan bolus dengan outcome evaluasi skor APACHE II dan length of stay (LOS) pada pasien geriatri dengan sepsis. Penelitian ini merupakan penelitian kohort , eksperimental dengan randomized control trial, dimulai pada 1 Mei 2017 – 31 Mei 2018.
Empat puluh empat  pasien geriatri dengan  sepsis  diberi  nutrisi enteral dibagi menjadi 2 kelompok (n = 22 masing-masing) dan dihitung skor APACHE II pada hari pertama perawatan. Nutrisi enteral diberikan sebagai bolus 1 jam setiap 4 jam (Kelompok I), atau terus menerus selama 24 jam (Kelompok II) selama periode perawatan intensif. Setelah 3 hari, semua pasien dihitung skor APACHE II. LOS dihitung dari hari pertama masuk ruang rawat intensif hingga keluar dari ruang rawat intensif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan skor APACHE II pada nutrisi enteral kontinyu (55,75 %, mean 11,68 + 3,96) lebih besar daripada bolus (13,65%, mean 4,73 + 6,89) signifikan (p < 0,001). Ada perbedaan Length of Stay (LOS) (p = 0,03) pada nutrisi enteral kontinyu (6,64 + 2,74) dibandingkan dengan bolus (8,45 + 2,65) pada pasien geriatri dengan sepsis di ruang rawat intensif.
Dapat  disimpulkan  bahwa  nutrisi enteral  kontinyu  dan  bolus terbukti sama – sama menurunkan Skor APACHE II. Namun nutrisi enteral kontinyu lebih besar dalam menurunkan Skor APACHE II dibandingkan bolus. Nutrisi enteral kontinyu lebih besar menurunkan LOS dibandingkan bolus.
Kata Kunci : nutrisi enteral, geriatric dengan sepsis, APACHE II, LOS

×
Penulis Utama : Fatnan Setyo Hariwibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961408005
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pemberian Nutrisi Enteral Kontinyu Dibandingkan dengan Bolus Terhadap Skor Apache Ii dan Length of Stay pada Pasien Geriatri dengan Sepsis di Ruang Perawatan Intensif Rsud Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Penyakit Dalam-S961408005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Arifin, SpPD-KIC, FINASIM.
2. dr. Fatichati Budiningsih, SpPD- KGer, FINASIM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.