Penulis Utama : Aditya Andy Fitriantono
NIM / NIP : C0814001
×

Banyak masyarakat kurang sadar akan kelestarian lingkungan. Ini terjadi dikarenakan pendidikan tentang bagaimana hidup dengan alam masih kurang dalam penerapannya. Meskipun kita tahu mengenai reduce, recycle dan, reuse. Penerapan di kehidupan sehari-hari masih minim, salah satu faktor yang membuat hal ini terjadi yaitu pendidikan tentang lingkungan tidak diterapkan sejak dini. Sekolah alam ini merupakan fasilitas public space untuk mewadahi kegiatan belajar mengajar para murid dan guru di wilayah  kota  Solo.  Selain  sebagai  wadah  bagi  pelajar,  perancangan  ini  juga  dibuat sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan salah satu konsep belajar dengan alam kepada masyarakat umum.
Perancangan ini menerapkan penggabungan antara fasilitas utama berupa kelas yang ramah lingkungan  dengan  fasilitas bermain dan edukasi dalam sebuah lingkup sekolah. Kota Surakarta menjadi pilihan lokasi karena kurangnya fasilitas seperti sekolah alam yang mampu mewadahi kegiatan belajar mengajar, selain itu kekayaan alam masih terasa asri di beberapa wilayah di Solo. Konsep green sustainable dipilih dengan tujuan agar setiap individu di dalam sekolah dapat merasakan belajar sambil bermain dengan alam yang menyenangkan serta lebih menghargainya sehingga kegiatan belajar menjadi bersemangat dan tidak membosankan.
Konsep green sustainable diterapkan kedalam sebuah ruang dan desain tematik yaitu natural. Penggunaan tema natural diambil dari hakekat sekolah alam itu sendiri yaitu   alam,   alami.   Dengan   memfokuskan   pada   material   bangunan   yang   ramah lingkungan dan berkelanjutan. Memanfaatkan material yang berada disekitar bangunan, seperti kayu dan batu alam agar suasana alam lebih terasa. Penggunaan finishing natural serta unfinishing memberikan kesan lebih alami pada bangunan.

×
Penulis Utama : Aditya Andy Fitriantono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0814001
Tahun : 2018
Judul : Desain Interior Sekolah Alam Green Sustainable
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2018
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Jur. Desain Interior-C0814001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Silfia Mona Aryani, S.T., M.Arch.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.