Penulis Utama : Abdul Latief Asep Nugroho
NIM / NIP : M3115001
×

ABSTRACT
Abdul Latief Asep N, 2018. Sistem Informasi Pemantauan Penggunaan Daya dan Biaya Listrik Berbasis Android. DIII Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Univertas Sebelas Maret Surakarta.
Pemakaian energi listrik yang berlebihan menyebabkan pemborosan penggunaan energi listrik oleh pengguna. Hasil pemantauan oleh PLN pada alat kWh meter hanya menghitung besar pemakaian daya dan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna setiap bulannya. Oleh karena itu kebutuhan dalam pemantauan sangat diperlukan pelanggan agar dapat mengontrol dengan mudah penggunaan daya dan biaya listrik secara real time tanpa harus mendatangi lokasi dimana alat tersebut dipasang.
Dalam perancangan sistem ini, penulis menggunakan Software Development Life Cycle dengan jenis waterfall sebagai metode pengembangan sistem, dimana pengembangan sistem melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, coding, testing dan maintenance. Sistem informasi pemantauan penggunaan daya dan biaya listrik berbasis android ini dibuat dengan bahasa pemrograman native android yaitu Java, untuk API menggunakan PHP, MySQL sebagai database dan didukung arsitektur IoT menggunakan alat Arduino dengan sensor ACS712 untuk mengukur arus dan sensor ZMPT101b untuk mengukur tegangan AC kemudian menghitung daya dan biaya listrik.
Sistem yang dibangun ini dapat melakukan pemantauan penggunaan daya dan biaya listrik secara real time menggunakan aplikasi android dengan memasang alat pada instalasi listrik. Sehingga adanya sistem ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam pemantauan penggunaan listrik pada instalasi listrik rumahan.
Kata Kunci: Sistem Informasi Pemantauan, Android, Internet of Things, Tugas Akhir

×
Penulis Utama : Abdul Latief Asep Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115001
Tahun : 2018
Judul : Sistem Informasi Pemantauan Penggunaan Daya dan Biaya Listrik Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F.MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Maulana Yoeseph, S.Si, M. Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.