Penulis Utama : Junaidi Abdilah
NIM / NIP : M0213044
×

ABSTRAK

Telah dilakukan karakterisasi komposit clay dan shellac dari berbagai tipe berbentuk formasi garam yang diplastisasi dengan Polyethylene Glycol (PEG). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dari komposit clay dan shellac yang dimodifikasi menjadi formasi garam dan diplastisasi menggunakan polyethylene glycol (PEG). Clay yang digunakan adalah cloisite bentonite, shellac yang digunakan adalah Wax free, SSB SONE, 3 circle, serta polyethylene glycol dengan berat molekul 400 gr/mol. Karakterisasi meliputi, metode Payne Cups Analysis (water vapour transmission rate-WVTR), uji sifat perintang minyak, serta uji biodegradable. Uji WVTR menunjukan sifat perintang uap air terbaik dihasilkan oleh komposit clay/waxfree amn/PEG diikuti oleh komposit clay/ssb amn/PEG dan terakhir komposit clay/3-circle amn/PEG. Uji sifat perintang minyak menunjukan kertas kemasan dari semua komposit yang dihasilkan pada penelitian ini tidak dapat ditembus oleh minyak, lebih baik dari kertas konvensional yang ada di pasaran. Uji Biodegradable menunujukan yang paling mudah terdegradable adalah pada konsentrasi EM4 60 mL pada shellac formasi garam yang diplastilisasi dengan PEG mulai dari shellac 3 circle AMN diikuti oleh shellac ssb dan wax free dengan variasi EM4 yang sama.

Kata kunci : Shellac Wax free, Shellac 3 Circle, Shellac SSB Sone, sifat perintang uap air, perintang minyak, laju biodegradable, clay bentonite

 

×
Penulis Utama : Junaidi Abdilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0213044
Tahun : 2018
Judul : Karakteristik Komposit Clay dan Shellac dari Berbagai Tipe Berbentuk Formasi Garam yang Diplastisisasi dengan Polyethylene Glycol (Peg)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : S-1 Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Program Studi Magister Pendidikan Fisika - M0213044 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khairuddin, S.Si., M.Phil., Ph.D.
2. Candra Purnawan, S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.