Penulis Utama : Erizka Fadilla Matondang
NIM / NIP : K3114016
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas konseling realita untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menaati tata tertib sekolah pada peserta didik Kelas X SMKN 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan metode single case experimental design  dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah   tiga   orang   peserta   didik   kelas   X   SMKN   6   Surakarta.   Teknik pengumpulan   data   menggunakan   instrumen   observasi   kedisiplinan   dalam menaati tata tertib sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis klinis yang dilakukan melalui wawancara dengan significant  others  atau  orang  terdekat  yang  mengetahui  perkembangan  dari subjek penelitian sehari-hari.
Perilaku tidak disiplin dalam menaati tata tertib sekolah merupakan perilaku yang tidak bertanggung jawab. Perilaku disiplin dapat dikembangkan melalui  konseling  realita  yang  menekankan  rasa  tanggung  jawab  pada  diri peserta didik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif pada perilaku kedisiplinan dalam menaati tata tertib sekolah pada ketiga subjek penelitian, yaitu kecenderungan arah menurun dari baseline hingga intervensi.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Konseling Realita, Tata Tertib Sekolah

×
Penulis Utama : Erizka Fadilla Matondang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114016
Tahun : 2018
Judul : Konseling Realita untuk Meningkatkan Kedisiplinan dalam Menaati Tata Tertib Sekolah pada Peserta Didik Kelas X SMKN 6 Surakarta tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Jur. Bimbingan dan Konseling-K3114016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah H. A., M. Pd.
2. Ribut Purwaningrum, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.