Penulis Utama : Dian Andriani Kusuma
NIM / NIP : K3214011
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran ragam hias dengan bahan alam pada siswa kelas VII D di SMP N 1 Ngawen, Gunungkidul tahun ajaran 2017/2018, (2) Teknik mengolah bahan alam dalam berkarya ragam hias pada siswa kelas VII D di SMP N 1 Ngawen, Gunungkidul tahun ajaran 2017/2018, (3) Visualisasi karya ragam hias dengan bahan alam berdasarkan unsur dan prinsip rupa  pada siswa kelas VII D di SMP N 1 Ngawen, Gunungkidul tahun ajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informant, tempat dan peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan berupa triangulasi data review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran ragam hias dengan bahan alam pada siswa kelas VII D di SMP N 1 Ngawen, Gunungkidul menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013. Proses pembelajaran meliputi tujuan dan materi pembelajaran yang sudah mencapai indikator dan kompetensi dasar. Metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa media elektronik dan alat peraga. Evaluasi dilakukan guru melalui penilaian proses dan penilaian hasil. 2) Teknik pengolahan bahan alam dalam berkarya ragam hias ini menggunakan teknik yang cukup mudah yaitu merebus rambut jagung dengan pewarna alam kemudian ditempel sesuai pola gambar ragam hias. 3) Visualisasi karya ragam hias sebagian besar sudah menunjukkan hasil yang memuaskan dan memenuhi standar KKM, terlihat dari ketercapaian kriteria penilaian serta unsur dan prinsip rupa.  

Kata Kunci : pembelajaran, ragam hias, bahan alam.

×
Penulis Utama : Dian Andriani Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214011
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Ragam Hias dengan Bahan Alam pada Siswa Kelas VII D di SMP N 1 Ngawen, Gunungkidul Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bahasa dan Seni / Pendidikan seni Rupa-K3214011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd.
2. Endang Widiyastuti, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.