Penulis Utama : Ine Rahmahwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3514025
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Buku Teks terhadap Motivasi Belajar dan Persepsi Keaktifan Peserta Didik pada Materi Pelajaran Organ Mata
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Teknik Informatika dan Komputer- K3514025-2018
Subyek : AUGMENTED REALITY, MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
 
Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan antara elemen lingkungan fisik dunia nyata dengan dunia virtual, yang mana teknologi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan dua dimensi atau tiga dimensi yang tergabung dengan dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan Persepsi Keaktifan peserta didik antara penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality dan media pembelajaran buku teks pada materi organ mata, dan mengetahui peningkatan motivasi belajar dan Persepsi Keaktifan peserta didik pada materi organ mata akibat penerapan media pembelajaran berbasis augmented reality.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif metode quasi experimental research. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri Kartasura 01. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebar angket kepada peserta didik. Analisis data yang digunakan yaitu Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar dan Persepsi Keaktifan peserta didik pada materi pelajaran  organ mata setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran augmented reality, dan terdapat peningkatan motivasi belajar dan Persepsi Keaktifan peserta didik akibat penerapan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan masing-masing menghasilkan nilai signifikansi 0,000. Penelitian ini menyarankan media pembelajaran berbasis augmented reality dapat meningkatkan motivasi belajar dan Persepsi Keaktifan peserta didik.


Kata Kunci : augmented reality, motivasi belajar, Persepsi Keaktifan peserta didik
 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SCAN.pdf
HALAMAN.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endar Suprih Wihidayat, S.T., M.Eng.
2. Basori, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP