Penulis Utama : Novianto Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512049
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Scaffolding” pada Kompetensi Dasar Batu Beton Kelas X Teknik Bangunan di SMKN 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer -K3512049-2018
Subyek : MEDIA PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, MATERI BATU BETON
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada Materi Pembelajaran Batu Beton untuk Jurusan Teknik Bangunan di kelas X dan mengetahui kelayakannya berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran serta mengetahui tingkat usability agar dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dimodifikasi dengan model pengembangan 4-D (Four-D). Metode ini meliputi 3 tahapan yaitu: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop). Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil dibuatnya media pembelajaran interaktif “Scaffolding” dengan tingkat kelayakan sebesar 94% yang terdiri dari, kelayakan dari ahli materi sebesar 90,5%, kelayakan dari ahli media sebesar 92%, dan kelayakan dari praktisi pembelajaran sebesar 99,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif “Scaffolding” memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif “Scaffolding” memiliki tingkat usability sebesar 86% yang terdiri dari, komponen efektivitas sebesar 88,5%, komponen efisiensi sebesar 87,5% dan komponen kepuasan pengguna sebesar 81%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif “Scaffolding” memiliki tingkat usability yang sangat baik untuk digunakan oleh pengguna media.

Kata Kunci : media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, materi batu beton

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SCAN.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rosihan Ari Yuana, S.Si., M.Kom
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP