Penulis Utama : Susi Ningsih
NIM / NIP : S251608029
×

Tujuan penelitian ini menjelaskan Perubahan Pola Konsumsi Dan Kelangsungan Usaha Pada Pengusaha Industri Logam. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian tahun 2017 menyatakan bahwa   industri logam dengan nilai ekspor terbesar berada di posisi ke tiga dengan nilai 7,51%. Hal ini menunjukan bahwa industri logam memiliki peranan yang sangat penting untuk negara khususnya perkembangan suatu daerah tertentu seperti Boyolali. Perkembangan industri logam yang  begitu  pesat  diikuti  dengan  perubahan  pola  konsumsi  pengusaha  yang cenderung konsumtif yang akan berakibat pada kelangsungan usahanya.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  dengan  metode  studi  kasus yang berlokasi di Desa Cepogo Boyolali. Daerah ini merupakan   satu-satunya pembuatan  kerajinan industri logam yang masih  handmade dan jangkauan pasarnya telah berskala nasional dan internasional. Penelitian ini menggunakan acuan teoritis dari pemikiran Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumsi dan Fred R David tentang manajemen  strategi.  Informan  penelitian adalah  Kepala  desa,  Pengusaha logam dan mantan pengusaha logam serta masyarakat sekitar terdiri dari 11 orang. Teknik pengambilan sampling dengan menggunakan pruposive sampling, dan menggunakan analisis eksplanasi sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Validasi data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data   dilakukan   dengan   pengumpulan   data,   penyajian   data,   dan   penarikan kesimpulan.
Berdasarkan fakta dan data di lapangan, hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan pola konsumsi pengusaha dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat pendapatan karena perkembangan kemajuan industri logam. Pengusaha mengkonsumsi barang-barang berdasarkan trend dan merek yang ada pada barang tersebut. Persaingan gaya hidup antar sesama pengusaha membuat gengsi semakin tinggi, sikap boros, hutang, bahkan bangkrutnya usaha. Perubahan pola konsumsi pengusaha yang cenderung konsumtif adalah membeli barang-barang dengan merek yang lagi ngtren seperti mobil merek pajero sport, vellfire, motor Nmax, liburan dalam negeri dan luar negeri.  .

 

×
Penulis Utama : Susi Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S251608029
Tahun : 2019
Judul : Perubahan Pola Konsumsi Dan Kelangsungan Usaha Pada Pengusaha Industri Logam Di Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Sosiologi-S 251608029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bagus Haryono M.Si
2. Dr. Argyo Damartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.