Penulis Utama : Rujito Sesariojiwandono Ridho Suharbiansah
NIM / NIP : S061508004
×

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  preparasi,  karakterisasi,  dan  uji  aktivitas katalitik berbasis logam Co dan Mo yang diembankan pada Ultra Stable Y-zeolite (USY),  mordenit  sintetis  (Mordenit),  dan  zeolit  alam  (ZAA).  Material  yang dihasilkan diharapkan memiliki aktivitas katalitik tinggi dalam reaksi Hydrotreatment sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan pengotor yang berupa senyawa mengandung gugus heteroatom.
Katalis logam bimetal CoMo/USY, CoMo/Mordenit, CoMo/ZAA dipreparasi dengan metode koimpregnasi. Adapun aktivasi katalis meliputi kalsinasi dan reduksi. Karakterisasi katalis meliputi kristalinitas (XRD), kandungan logam (XRF), dan luas permukaan spesifik (SAA). Uji aktivitas dan selektivitas CoMo/USY, CoMo/Mordenit,  CoMo/ZAA dilakukan  menggunakan  reaktor  semi-batch  dengan tekanan gas Hidrogen 1 dan 18 Bar pada temperatur 300 oC dan 364 oC. Hasil uji katalis  dikarakterisasi  menggunakan  Kromatografi  Gas-Spektroskopi  Massa  (GC-
MS).
Berdasarkan  karakterisasi  dan  uji  aktivitas  katalis  yang  telah  dilakukan, katalis  CoMo/USY  menunjukkan katalis  terbaik  dengan  karakter  luas  permukaan spesifik katalis 497,00 m2/g, rerata jari pori 16,22 Å, total volume pori 0,38 cc/g dan rendemen produk HDO aktivitas katalis sebesar 99,58% dengan selektivitas produk terhadap C5-C10 sebesar 85,7% dan C11-C16 sebesar 9,34%.


Kata Kunci: Katalis, hidrodeoksigenasi, asam oleat, aktivitas katalis tesis yang telah memberikan bimbingan yang membangun dalam menyelesaikan penelitian ini.

 

×
Penulis Utama : Rujito Sesariojiwandono Ridho Suharbiansah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S061508004
Tahun : 2018
Judul : Preparasi, Karakterisasi CoMo/USY, CoMo/Mordenit dan CoMo/ZAA Serta Uji Aktivitas Katalitik pada Reaksi Hidrodeoksigenasi Asam Oleat
Edisi :
Imprint : Surakarta - pas - 2018
Program Studi : S-2 Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Kimia- S061508004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Khoirina Dwi N., M. Si.
2. Dr. Fitria Rahmawati, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.