Penulis Utama : Edo Johan Pratama
NIM / NIP : K8411026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan bimbingan belajar serta mengetahui peran bimbingan belajar Solo Belajar. Penelitian ini dilakukan di Solo Belajar yang bertempat di RT 02 RW 03 kampung Sumber Tapen, Banjarsari, Surakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian fenomenologi. Kajian mengenai tindakan rasionalitas Max Weber digunakan untuk menganalisa pendirian dan penyelenggaraan bimbingan belajar Solo Belajar. Pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan yang terdiri dari satu orang kepala Solo Belajar dan dua orang pengajar Solo Belajar. Sedangkan informan pendukung terdiri dua orang warga belajar dan dua orang tua warga belajar. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan dengan cara purposive sampling berdasarkan peran dan keterlibatan informan. Teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode merupakan teknik yang digunakan dalam uji validitas data. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Solo Belajar merupakan pendidikan nonformal yang berfungsi sebagai pelengkap bagi pendidikan formal, pembelajaran dilakukan dengan mengacu pada mata pelajaran pendidikan formal. Bimbingan belajar diberikan secara secara gratis kepada warga belajar. (2) Solo Belajar memiliki peran terhadap warga belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah. Bimbingan belajar yang dilakukan membantu warga belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah, menambah pengetahuan dan menyelesaikan tugas sekolah dari guru di sekolah.  Bimbingan belajar secara gratis turut membantu orang tua dalam memberikan pendidikan tambahan kepada anaknya serta memperingan tugas orang tua dalam mendidik anak. Kesimpulannya, Penyelenggaraan bimbingan belajar merupakan sebuah tindakan rasionalitas yang berorientasi nilai dari pihak Solo Belajar. Sedangkan, tindakan rasional instrumental dilakukan oleh warga belajar dan orang tua.

×
Penulis Utama : Edo Johan Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411026
Tahun : 2018
Judul : Tindakan Rasionalitas dalam Penggunaan Bimbingan Belajar Solo Belajar (Kajian Fenomenologi di RT 02 RW 03 Kampung Sumber Tapen, Banjarsari, Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8411026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Rochani, M.Pd.
2. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.