Penulis Utama : Frida Yunita Sari
NIM / NIP : D0314031
×

Kekurangan gizi pada ibu dan bayi akan memiliki dampak kepada kesehatan dan kecerdasan ank, sedangkan kecerdasan anak itu sendiri berdampak kepada tersedianya  sumber  daya  manusia  berkualitas.  Lemahnya  kemampuan  ibu  dan keluarga  untuk  memberikan pola asuh  akan  berakibat  pada kejadian  gizi  kurang bahkan gizi buruk pada balita. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pola perilaku asuh gizi yang dilakukan ibu pada balita bawah gars merah. 2) pelaksanaan program pemberian makanan tambahan pemulihan pada balita bawah garis merah.
Dalam penelitian ini digunakan Teori George Homans yaitu pertukaran sosial. Teori ini bertumpu pada asumsi bahwa orang terlibat dalam perilaku untuk memperoleh ganjaran atau menghindari hukuman. Sehingga tindakan yang dilakukan seseorang itu bergantung pada ganjaran (reward) atau hukuman (punishment) yang diberikan terhadap tindakan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif  untuk  menggambarkan  situasi  sebenarnya  di  lapangan.  Informan  yang dipilih merupakan ibu balita bawah garis merah yang menerima program pemberian makanan tambahan pemulihan, bidan desa, kader posyandu dan ahli gizi Puskesmas. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola perilaku asuh gizi pada balita bawah garis merah terbagi menjadi pengetahuan meliputi pemberian makan, sikap meliputi  perawatan  dan  perlindungan  bagi  anak,  pengasuhan  psiko-sosial  serta praktik yang meliputi kebersihan diri dan sanitasi lingkungan, praktik kesehatan dan pola pencarian pelayanan kesehatan dan praktik menyusui dan pemberian makanan pendamping ASI. 2) program PMT-P diberikan kepada 4 balita BGM, makanan tambahan yang diberikan berupa biskuit adapula bahan makanan mentah. Terdapat kendala dalam pelaksanaan program diantaranya yaitu system pengadaan makanan tambahan, balita yang enggan mengonsumsi PMT-P serta program yang belum tepat sasaran.

×
Penulis Utama : Frida Yunita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314031
Tahun : 2018
Judul : Pola Perilaku Asuh Gizi dalam Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan pada Balita Bawah Garis Merah (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pola Perilaku Asuh Gizi dalam Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan pada Balita Bawah Garis Merah di Desa Kebonharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0314031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Hilmi Pujihartati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.