Penulis Utama : Kristanto Adi Nugroho
NIM / NIP : A121508033
×

Tujuan  penelitian  ini  adalah  mengetahui  keterkaitan  dan  implementasi
pendidikan jasmani dalam International Primary Curriculum (IPC) sebagai salah satu kurikulum internasional. Latar belakang penelitian adalah penerapan pendidikan jasmani dalam International Primary Curriculum sebagai wujud dari kesadaran global. Kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dasar disebutkan bahwa, proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara sistematik bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial dan emosional. IPC adalah kurikulum yang komprehensif, tematik dan kreatif, serta membentuk pemikiran internasional dan untuk pribadi yang suka belajar. Pelaksanaan kurikulum yang terstruktur dan terencana membuat siswa mampu beradaptasi dengan tantangan global. Proses tersebut secara beruntun meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pelaksanaan, (4) Pengawasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan informan meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru yang mengampu pelajaran IPC, guru pendidikan jasmani, komite sekolah dan siswa di Sekolah Dasar Focus Independent School Surakarta.
Hasil penelitian, implementasi pendidikan jasmani dalam International Primary Curriculum sudah ditentukan oleh sekolah melalui implanted data yang dikirimkan kepada guru di setiap tahun pembelajaran dengan pembaharuan terbaru. Implanted data terdapat semua tema (unit of work) yang sudah dipilah dan dipilih oleh sekolah dari tema keseluruhan yang terdapat dalam International Primary Curriculum. Tema yang dipilih kemudian disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai sekolah, kultur budaya setempat, kondisi siswa dan sekolah. Satu tema dalam International Primary Curriculum terdapat learning goal (subject goals, personal goals, international goals), learning target dan a process of learning.
Kesimpulan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dalam IPC. Implementasi pendidikan jasmani dalam IPC dapat berjalan selaras untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai sekolah dengan menyesuaikan kultur budaya setempat, kondisi siswa dan sekolah. Implementasi pendidikan jasmani dalam IPC dengan international goals mampu menjawab tantangan pendidikan global dengan memberikan pengetahuan tentang apa yang sedang terjadi, tradisi, budaya dan kebiasaan dari berbagai belahan dunia.

×
Penulis Utama : Kristanto Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508033
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Pendidikan Jasmani dalam International Primary Curriculum di Sekolah Dasar Focus Independent School Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Keolahragaan-A121508033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.