Penulis Utama : Rendi Setiya Kurniawan
NIM / NIP : K6414045
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan program full day school   terhadap   pembentukan   karakter   peserta   didik   di   SMA   Negeri   2
Karanganyar (2) Evaluasi program full day school terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Karanganyar. (3) Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan program full day school terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif sementara pendekatan penelitian yang digunakan yaitu studi kasus.  Teknik  pengambilan  subjek  penelitian  atau  sampling  yang  digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk memperoleh validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi data, sementara teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program full day school   terhadap   pembentukan   karakter   peserta   didik   di   SMA   Negeri   2
Karanganyar meliputi cara pembiasaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin. (2) evaluasi  model  CIPP  dari  segi  context  sudah  baik,  karena  dari  indikator kebutuhan yang belum tercapai, tujuan yang ingin dicapai sudah sesuai dengan yang diharapkan yaitu untuk membentuk karakter peserta didik, kemudian kondisi lingkungan juga sangat mendukung dan kondusif. Dari segi   input menunjukan bahwa untuk  sumber daya  yang ada masih  memiliki  kekurangan  hal  tersebut diketahui  dari  sarana  dan  prasarana  yang  ada,  kemampuan  subjek  dalam menunjang program dan strategi untuk mencapai program sudah dapat dilakukan dengan baik. Dari segi process untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang terlaksana di dalam program menunjukan bahwa dari indikator kegiatan program, kemampuan penanganan, pemanfaatan sarana dan prasarana, dan hambatan yang dijumpai  pihak  sekolah  dapat  melakukan  sesuai  yang  diharapkan.  Dari  segi product merupakan evaluasi akhir yang menunjukan hasil dari dilakukan program tersebut  dari  indikator  hal  yang  dilakukan  setelah  program  berjalan  dapat dilakukan dengan baik, dampak yang diperoleh dari program dapat membentuk karakter  peserta  didik,  dan  keunggulan  program  dapat  membentuk  karakter peserta didik. (3) Hambatan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, karakter dasar anak yang berbeda satu sama lain. Kedua, masalah sumber daya terutama sarana dan  prasarana,  Ketiga,  kondisi  fisik  peserta  didik  menjadi  lebih  lelah,  dan Keempat, masih ada pekerjaan rumah yang diberikan guru. (4) Solusi dari penelitian ini adalah selalu menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), semua tugas guru dan peserta didik diselesaikan di sekolah, dan berpedoman pada peraturan yang ada.

×
Penulis Utama : Rendi Setiya Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414045
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Program Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi pada SMA Negeri 2 Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6414045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Triana Rejekiningsih, S.H, KN, M.Pd.
2. Dr. Mohammad Muchtarom.,S.Ag, M.SI.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.