Penulis Utama : Maestro Rahmandika
NIM / NIP : G0011130
×

Latar Belakang: Asam mefenamat merupakan salah satu Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS). Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS) merupakan salah satu obat yang banyak diresepkan dan juga digunakan tanpa resep dokter. Obat – obat ini memiliki banyak persamaan dalam efek terapi maupun efek samping Efek samping dari asam mefenamat contohnya gangguan ginjal. Salah satu gangguan ginjal yang sering terjadi adalah gagal ginjal kronik. Daun alpukat mengandung Quercetin yang mempu melindungi ginjal. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek renoprotektif ekstrak daun alpukat terhadap tikus Wistar yang diinduksi asam mefenamat dosis toksik.
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorik dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Subjek penelitian berupa tikus jantan, galur Wistar, usia 2 - 3 bulan, dan berat badan 200 - 300 gram. Sampel berjumlah 28 ekor tikus yang dibagi secara acak ke dalam 4 kelompok (KKN, KK(-), KP1, dan KP2), masing – masing terdiri dari 7 ekor. Kelompok kontrol normal (KKn) tidak diinduksi asam mefenamat maupun ekstrak daun alpukat. Sedangkan KK(-), KP1, KP2 diinduksi asam mefenamat dosis toksik pada hari ke 17. Ekstrak daun alpukat diberikan pada KP1 dan KP2 dengan dosis masing masing 100 mg/KgBB dan 300 mg/KgBB pada hari 8-17. Terminasi dilanjutkan pada hari ke 18, kemudian dilanjutkan pengambilan organ ginjal untuk dibuat preparat histologis dengan pengecatan HE. Pengamatan terhadap preparat berupa skor kerusakan histologis glomerulus dengan menggunakan mikroskop cahaya. Data hasil  penelitian dianalisis dengan uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan uji Mann Whitney.
Hasil Penelitian: Frekuensi tertinggi kelompok hewan uji dengan skor kerusakan 8 terdapat pada KK(-) 14,29 %. Skor kerusakan 8 tidak ditemukan pada kelompok hewan coba yang lain. Uji Kruskal Wallis menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna di antara 4 kelompok perlakuan (p=0,000). Uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna pada semua pasangan kelompok (p < 0,05) kecuali pada KP1  dan KP2. Pasangan kelompok tersebut menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna karena bernilai p = 0,977 (p > 0,05)
Simpulan: Ekstrak daun alpukat (Persea americana Mill) dapat memerbaiki gambaran histopatologi ginjal  tikus Wistar (Rattus norvegicus) yang diinduksi asam mefenamat dosis toksik, namun dosis yang digunakan belum optimal sehingga gambaran histopatologi ginjal belum mendekati normal.

×
Penulis Utama : Maestro Rahmandika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011130
Tahun : 2018
Judul : Efek Renoprotektif Ekstrak Daun Alpukat terhadap Tikus Wistar (Rattus Norvegicus) yang Diinduksi Asam Mefenamat Dosis Toksik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0011130-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Agusti Sholikah, dr., M.Sc.
2. Endang Listyaningsih S., dr., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.