Penulis Utama : Sindy Arti Wulandari
NIM / NIP : K8412075
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas sosial yang telah peserta didik lakukan sebagai seorang penggemar musik K-Pop (2) Dampak dari aktivitas sosial peserta didik penggemar K-Pop  berupa dampak positif dan negatif. (3) bentuk perilaku konsumtif peserta didik penggemar K-Pop. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Surakarta.
Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara dengan sumber data utama yakni peserta didik di SMA Negeri 4 Surakarta yang merupakan penggemar K-Pop. Sedangkan data lainnya bersumber dari dokumentasi yag didapat melalui informan. Teknik pengabilan informan menggunakan purposive sampling. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis menggunakan model analisis data interaktif yakni pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Aktivitas sosial yang dilakukan oleh peserta didik penggemar K-Pop antara lain yaitu berupa aktivitas fisik seperti bergabung dengan komunitas, menonton konser, mendatangi tempat bernuansa korea. dan non-fisik seperti men-download drama atau lagu K-Pop, menonton drama atau video K-Pop,stalking di akun media sosial K-Pop, mengunggah foto di akun media sosial (2) Dampak dari aktivitas sosial peserta didik penggemar K-Pop  berupa dampak positif dan negatif. (3) Perilaku konsumtif peserta didik penggemar K-Pop dikaji menggunakan teori Jean Budrillard
Perilaku konsumtif yang dilakukan peserta didik penggemar K-Pop tidak hanya menjadi pemenuhan hasrat atau keinginan, tetapi menjadi sebuah konsumsi tanda yang berkembang seiring dengan semakin banyak aktivitas yang dilakukan sebagai penggemar K-Pop. Perilaku konsumtif tidak hanya dengan membeli saja, akan tetapi juga sudah menjadi kebutuhan konsumsi tanda. hal tersebut serupa dengan pandapat Baudrillard tentang konsumsi.

×
Penulis Utama : Sindy Arti Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412075
Tahun : 2018
Judul : Perilaku Konsumtif Peserta Didik Penggemar K-Pop di SMA Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8412075-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati, S.Sos, MA
2. Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.