Penulis Utama : Windha Khurnianti
NIM / NIP : R0015103
×

Latar Belakang :Terwujudnya lingkungan kerja yang aman, sehat, dan selamat merupakan keuntungan dari penerapan program inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan safety patrol untuk mencegah kecelakaan kerja di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Noodle Cabang Semarang.
Metode :Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai penerapan safety patrol sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini dilakukan di PT Indofood  CBP  Sukses Makmur  Tbk  Divisi  Noodle  Cabang  Semarang  pada  1
Februari – 27 April 2018. Objek penelitian ini adalah penerapan safety patrol untuk mencegah kecelakaan kerja yang ada pada ruang lingkup departemen produksi, PDQC, marketing, dan warehouse di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Noodle Cabang Semarang.
Hasil :PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Noodle Cabang Semarang telah membuat kebijakan K3, menyediakan perlengkapan seperti pena, kamera, tanda pengenal khusus dan checklist untuk safety patrol, membentuk 4 tim safety patrol dan setiap tim beranggotakan 7 orang, safety patrol dilakukan rutin setiap satu  bulan  sekali  pada  minggu  ketiga  dan  sidang  P2K3L  dilaksanakan  pada minggu keempat, perusahaan juga telah melaporkan setiap kecelakaan kerja yang terjadi pada laporan kinerja bulanan SHE.
Simpulan  :Perusahaan  telah  menerapkan  program safety  patrol,  hal  ini telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 namun pada penerapannya masih ditemukan beberapa kekurangan yaitu tim safety patrol yang tidak  memakai tanda pengenal khusus (disediakan oleh perusahaan) pada saat melakukan patroli keliling dan ketika safety patrol tidak semua anggota tim ikut terlibat, serta tidak semua temuan diberi batas waktu untuk melakukan upaya perbaikan.

×
Penulis Utama : Windha Khurnianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015103
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Penerapan Safety Patrol Untuk Mencegah Kecelakaan Kerja di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Noodle Cabang Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015103-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.