Penulis Utama : Nur Latifah Hajriyani
NIM / NIP : H0814095
×

Abstrak

Indonesia menempati peringkat kedua dunia setelah Brasil dalam hal keanekaragaman hayati. Salah satu produk hasil hutan bukan kayu yang menjadi produk  unggulan  di  sektor  kehutanan  adalah  madu.  Sedikitnya  terdapat  115 tanaman yang dapat menjadi sumber nektar di Indonesia. Keadaan alam Indonesia ini sangat cocok untuk usaha peternakan lebah karena sangat kaya akan ragam tanaman berbunga. Masalah pengendalian kualitas menjadi masalah yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh produsen madu agar kualitas dan eksistensi dari produk tetap terjaga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan yang  terjadi  dalam  produksi  madu,  permasalahan  madu  yang  dominan,  faktor- faktor yang mempengaruhi kualitas madu dan tindakan perbaikan yang dilakukan PT. Madu Pramuka terhadap produk yang rusak. Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Lokasi penelitian yaitu PT. Madu Pramuka Gringsing, Batang, Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan menggunakan Statistical Quality Control (SQC)   yaitu check sheet, histogram, peta kendali proporsi, diagram pareto dan diagram fishbone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan terkait kualitas madu yang dihadapi PT. Madu Pramuka ada 3 yaitu madu yang meledak sebanyak 12 botol atau 63,16%, madu yang merembes sebanyak 26,32% dan volume madu yang kurang sebanyak 2 botol atau 10,52%. Diagram pareto menunjukkan permasalahan dominan yang terjadi yaitu madu meledak dan madu yang merembes. Faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan yaitu manusia, alat dan mesin, metode dan lingkungan. Analisis pada diagram fishbone, dapat diketahui usulan perbaikan yang dapat diberikan kepada PT. Madu Pramuka yaitu: (1) faktor manusia: dilakukan pengawasan dan  pengecekan secara rutin,  (2) faktor alat dan mesin: dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin, (3) faktor metode: pembuatan standar operasional prosedur yang tertulis, (4) faktor lingkungan: untuk lingkungan alam dapat dilakukan antisipasi cuaca dengan pemasangan paranet sedangkan lingkungan kerja supaya  dilakukan  pengembangan  terkait  ruang produksi  yang sempit  dan panas.

Kata Kunci : Kualitas, Madu, Metode, Statistical Quality Control (SQC)

×
Penulis Utama : Nur Latifah Hajriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814095
Tahun : 2018
Judul : Pengendalian Kualitas Produk Madu di PT. Madu Pramuka Gringsing Batang, Jawa Tengah dengan Metode Statistical Quality Control (SQC)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H0814095-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohd. Harisudin, M.Si.
2. Isti Khomah, S.P, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.