Penulis Utama : Indra Galih Permana
NIM / NIP : D0314037
×

ABSTRAK

    Perkembangan sektor pariwisata akan mempengaruhi perkembangan pada sektor lain. Kawasan Menoreh yang dulu jalannya rusak dan minim daya tarik wisata sekarang mulai mengalami perkembangan, dengan wajah baru salah satu nya Desa Wisata Jatimulyo. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan pariwisata yang ada di Desa Wisata Jatimulyo ini dan secara khusus untuk mengetahui peran aktor dan realitas hubungan antar aktornya dalam mewujudkan perkembangan pariwisata di Desa Wisata Jatimulyo. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori aksi guna mengeatuhi peran masing masing aktor yang kemudian menganalisis realitas hubungan antar aktornya dengan mengunakan Teori Fungsionalisme Struktural. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sementara teknik pengambilan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Untuk menjamin validitas data mengunakan triangulasi metode. Sedangkan untuk teknik analisis data mengunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan pariwisata di kawasan Menoreh khususnya Desa Wisata Jatimulyo berkembang secara signifikan. Prioritas perkembangan pariwisata terbagi dalam empat aspek yaitu, wisata alam yaitu Goa Kiskendo, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut, Taman Ekowisata Sungai Mudal, Kedung Banteng; wisata budaya yaitu berbagai macam kesenian daerah dan upacara adat Desa Wisata Jatimulyo; wisata kuliner yaitu berbagai macam kuliner khas desa dan wisata minat khusus yaitu Birdwatching dan hasil sinergi dengan obyek wisata yang ada berupa susur sungai, canyoning, abseiling.
Peran aktor yang terlibat dalam perkembangan pariwisata berupa pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM selain itu ada juga yang berupa pemberdayaan masyarakat, program binaan, bantuan modal dan juga program CSR. Hubungan antar aktor juga sangat berpengaruh dalam perkembangan pariwisata di Desa Wisata Jatimulyo.
Kata Kunci : Perkembangan Pariwisata, Desa Wisata, Aktor

×
Penulis Utama : Indra Galih Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314037
Tahun : 2018
Judul : Perkembangan Pariwisata Kawasan Menoreh (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perkembangan Pariwisata di Desa Wisata Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi- D0314037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Bambang Santosa, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.