Penulis Utama : Ila Maryama
NIM / NIP : K4314036
×

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media berbasis discovery  learning  ECO  AR  1-3  terhadap  pemahaman  konsep  ekologi  siswa SMA.
Penelitian dilakukan menggunakan metode ex post facto dan desain penelitian posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan cluster sampling. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Karanganyar yang telah menerima materi ekosistem. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif meliputi analisis data instruen NEP attitude dan knowledge, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Analisis data dibantu dengan program IBM SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ECO-AR 1-3 meningkatkan pemahaman konsep literasi lingkungan siswa SMA, (2) angket attitude dan knowledge melalui uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan hasil yang baik dan layak sebagai perangkat pembalajaran untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa SMA, (3) hasil independent sample t-test angket attitude dan knowledge menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 sehingga H0  ditolak dan H1 diterima.

 

×
Penulis Utama : Ila Maryama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314036
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penerapan Media Berbasis Discovery Learning Eco Ar 1-3 Terhadap Pemahaman Konsep Ekologi Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Biologi-K 4314036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D
2. Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.