Penulis Utama : Mohamad Saktiyono
NIM / NIP : D1213046
×

Abstrak

Umbul Ponggok yang begitu indah dan menarik perhatian bagi masyarakat umum sangatlah dikenal oleh kalangan remaja.Sektor pariwisata merupakan salah satu bagian dari sektor pembangunan yang diharapkan menjadi sumber utama devisa, menciptakan kesempatan berusaha, membuka lapangan kerja maupun pengentasan kemiskinan. Dalam hal ini bauran pemasaran sangat mendukung dalam rangka pengenalan Umbul Ponggok sehingga masyarakat luas dapat mengetahui, mengenal dan mengunjungi obyek wisata umbul ponggok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bauran pemasaran dalam meningkatkan wisatawan pariwisata Umbul Ponggok sebagai Bunaken Van Klaten.
Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara. Sampel dalam penelitian ini pengelola BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Prop.   Jawa   Tengah.   Teknik   yang   digunakan   untuk   penarikan   sampel menggunakan   metode   non-probability   sampling   dengan   teknik   purposive sampling, dimana sampel dipilih berdasarkan karakteristiknya.
Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data,  kesimpulan  dan  verifikasi.  Hasil  penelitian  diperoleh  BUMDes  Tirta Mandiri dalam hal mengkomunikasikan obyek dan daya tarik wisata yang ada Umbul  Ponggok  kepada  masyarakat  melalui  beberapa  bauran  pemasarannya antara lain membuat brand baru yaitu “Umbul Ponggok Bunaken Van Klaten”, Bauran pemasaran sebagai hasil penelitian memiliki 4 konsep yang dikembangkan dari segi tempat wisata Umbul Ponggok, promosi baik secara online maupun offline, harga tiket maupun fasilitas pendukung, dan produk yang dijual/ ditawarkan dari tempat wisata Umbul Ponggok.
Pemasaran   yang   dilakukan   BUMDes   Tirta   Mandiri   terbukti   banyak didukung oleh masyarakat karena aktivitas tersebut dapat mengenalkan tempat wisata di Umbul Ponggok, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di lingkungan   wisata,   meningkatkan   pengunjung   dan   PAD   (Pendapatan   Asli Daerah), serta menjadikan Umbul Ponggok lebih baik lagi dari sektor pariwisata. Dengan adanya aktivitas bauran pemasaran wisata Umbul Ponggok dan naiknya jumlah pengunjung wisata Umbul Ponggok merupakan bukti nyata bahwa pentingnya pengembangan pemasaran lebih baik lagi untuk dapat diterima oleh masyarakat.

Kata Kunci : Pemasaran, UmbulPonggok, Bunaken van Klaten, Pariwisata

 

×
Penulis Utama : Mohamad Saktiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213046
Tahun : 2018
Judul : Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Wisatawan Pariwisata Umbul Ponggok sebagai Bunaken Van Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIPOL Jur. Ilmu Komunikasi-D1213046-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos. M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.