Penulis Utama : Alzuchri Putra
NIM / NIP : D1215058
×

Abstrak

Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, dan musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam sebuah musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya,  baik  dalam bentuk  yang  formal  maupun  informal.  Musik  merupakan salah satu cara dalam melakukan kegiatan komunikasi melalui suara yang diharapkan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang berbeda. ??? (rashisa) merupakan lagu yang bergenre J-rock/Japannese rock yang bertemakan tentang  pencarian  jati  diri.  Lagu  ini  mengandung  nilai-nilai  motivasi  yang mengajak pendengarnya untuk lebih percaya diri dan tidak malu untuk menjadi diri sendiri.
Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   dan   menafsirkan   makna motivasi yang terkandung di dalam lagu ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori semiotika Ferdinand De Saussure yang melihat aspek signified (petanda) dan signifier (penanda) dalam
sebuah bahasa. Kemudian kedua aspek tersebut disignifikasi sesuai dengan berbagai sumber yang diperoleh.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui nilai motivasi yang terkandung di dalam lirik lagu ini adalah motivasi untuk berani menjadi  diri
sendiri  atau  lebih  percaya  diri,  terutama  pada  bagian  reff.  Jika  dikategorikan
faktor pendorong motivasi ini adalah need of achievement, yaitu seseorang ingin mencapai sesuatu dan mendapat pengakuan dari orang lain.

Kata Kunci : Musik, Semiotika Ferdinand De Saussure, Motivasi

 

×
Penulis Utama : Alzuchri Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215058
Tahun : 2018
Judul : Makna Motivasi pada Lirik Lagu Rashisa Karya Super Beaver (Analisis Semiotika Mengenai Makna Motivasi yang Terdapat pada Lirik Lagu Rashisa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIPOL Jur. Ilmu Komunikasi Non Reguler-D1215058-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc., Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.