Penulis Utama : Puput Putri Setyowati
NIM / NIP : D0114089
×

Abstrak

Indonesian Coruption Watch (ICW) menyatakan 95 persen kasus korupsi
saat ini terjadi di Daerah, Kabupaten, dan Kota. Penting mengkaji kemampuan (capability) organisasi Inspektorat Kota Surakarta sebagai pengawas intern pemerintah Daerah untuk melakukan pengendalian terhadap penyelewengan birokrasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapabilitas Inspektorat Kota Surakarta dalam melaksanakan pengawasan dan pembinaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surakarta
Kapabilitas organisasi adalah kemampuan organisasi dalam menempatkan dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk melaksanakan pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini mengkaji aspek kapabilitas ditinjau dari kelembagaan,  sumber  daya  manusia,  keuangan,  teknik,  implementasi kebijakan,dan kepemimpinan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif didukung dengan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk  uji  validitas  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber  dan  triangulasi metode. Serta teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan kapabilitas Isnpektorat Kota Surakarta dalam mengelola dan memanfatkan sumber daya yang ada cukup baik sesuai dengan aspek kajian yang dipergunakan dan masih ada aspek sumber daya yang perlu ditingkatkan. Pertama, kelembagaan dikaji pengaturan kelembagaan yang efektif seperti  memiliki  struktur  organisasi,  peran,  tugas,  tanggungjawab  yang  jelas dengan diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 27-C Tahun 2016 serta menjalin networking dengan pengawas eksternal dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  Kedua,  aspek  sumber  daya  manusia  masih  ada  kerancuan  pembagian tugas dalam pelaksanaan antara auditor dan P2UPD. Ketiga, keuangan di Inspektorat Kota Surakarta sudah mencukupi untuk pelaksanaan tugas – tugas administrasi perkantoran dan tugas pelaksanaan pemeriksaan di Inspektorat Kota Surakarta. Keempat, sisi teknis pengawasan di Inspektorat Kota Surakarta menyediakan sistem informasi layanan pengaduan berbasis online dan layanan konsultasi. Kelima, Implementasi kebijakan sudah tersedianya undang-undang, kebijakan, dan peraturan sebagai landasan pengambilan keputusan. Keenam, Kapabilitas kepemimpinan merupakan kapabilitas penting dalam organisasi dalam hal ini adalah seorang Inspektur dalam berinteraksi dengan bawahan dengan memberikan infromasi dan arahan.

Kata Kunci : Inspektorat, Kapabilitas, Pengawasan, Pembinaan

 

×
Penulis Utama : Puput Putri Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114089
Tahun : 2018
Judul : Kapabilitas Inspektorat Surakarta dalam Melaksanakan Pengawasan dan Pembinaan Organisasi Perangkat Daerah (Opd) Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIPOL Jur. Administrasi Negara-D0114089-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.