Penulis Utama : Ayas Abidun Bachtiar
NIM / NIP : C0212011
×

Abstrak

Permasalahan  dalam  penelitian ini adalah (1) bagaimana ketidaklangsungan ekspresi pada lirik lagu Payung Teduh? (2) bagaimana pembacaan heuristik dan hermeneutik pada lirik lagu Payung Teduh? (3) bagaimana matriks, model, dan varian pada lirik lagu Payung Teduh? serta (4) bagaimana hipogram pada lirik lagu Payung Teduh?

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan ketidaklangsungan ekspresi pada lirik lagu Payung Teduh, (2) mendeskripsikan pembacaan heuristik dan hermeneutik pada lirik lagu  Payung Teduh, (3) mendeskripsikan  matriks, model, dan varian pada lirik lagu Payung Teduh, (4) mendeskripsikan hipogram pada lirik lagu Payung Teduh.

Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  kualitatif.  Data  yang diambil dalam penelitian ini adalah larik dan bait yang mengandung tanda-tanda pada lirik lagu dalam album Self Titled dan Dunia Batas. Sumber data diambil dari lirik lagu dalam album Self Titled dan Dunia Batas karya Payung Teduh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik reduksi data. Teknik analisis dalam penelitian  ini  menggunakan  dua konsep  memproduksi  makna milik  Riffaterre yaitu, (1) pembacaan secara heuristik dan hermeneutik, (2) mencari hipogram dari teks tersebut. Teknik penarikan simpulan menggunakan teknik induktif, yaitu melihat masalah dari data bersifat khusus untuk memperoleh data bersifat umum.

Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) pada ketidaklangsungan ekspresi paling banyak ditemukan metafora, kontradiksi, ambiguitas, dan enjambemen karena penciptaannya spontan dalam menggambarkan kerinduan hati, (2) pada pembacaan heuristik, lirik lagu karya Payung Teduh cenderung bercerita pada satu permasalahan. Pada pembacaan hermeneutik ditemukan penggambaran suasana hati kerinduan dan keresahan, (3) tema pada lirik lagu Payung Teduh didominasi oleh ekspresi perasaan rindu terhadap seseorang, (4) hipogram dapat ditemukan, baik dalam Al-Qur’an, puisi, maupun lirik lagu.

Kata Kunci : Lirik Lagu, Payung Teduh, Self Titled, Dunia Batas

×
Penulis Utama : Ayas Abidun Bachtiar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212011
Tahun : 2018
Judul : Lirik Lagu Payung Teduh: Kajian Semiotika Riffaterre
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-C0212011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.