Penulis Utama : Indah Margawati Kusuma
NIM / NIP : C0214036
×

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tipe-tipe eufemisme dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online  Okezone.com,  (2)  bagaimana  referensi  penggunaan  eufemisme  dalam rubrik berita pendidikan  dan sosial pada situs berita  online Okezone.com, (3) bagaimana fungsi  penggunaan  eufemisme  dalam  rubrik  berita pendidikan  dan sosial pada situs berita online Okezone.com. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tipe-tipe eufemisme dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online Okezone.com, (2) mendeskripsikan referensi penggunaan eufemisme dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita  online Okezone.com, (3) mendeskripsikan fungsi penggunaan eufemisme dalam rubrik berita pendidikan dan sosisal pada situs berita online Okezone.com.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Bentuk Penelitian adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online Okezone.com yang mengandung eufemisme. Sumber data dalam penelitian ini adalah rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online Okezone.com sepanjang tahun 2017 dari bulan Januari–Desember. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Allan dan Burridge, Kreidler serta Wijana. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Klasifikasi data berdasarkan tipe-tipe eufemisme dari teori Allan dan Burridge. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik ganti. Hasil analisis disajikan dengan metode informal.
Berdasarkan analisis data dapat ditemukan hal berikut. Tipe-tipe eufemisme yang ditemukan dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online Okezone.com terdiri atas 11 tipe. Tipe-tipe tersebut terdiri atas ekspresi figuratif, metafora, flipansi, memodelkan kembali, sirkumlokusi, hiperbola, satu kata menggantikan satu kata yang lain, makna di luar pernyataan, jargon, kolokial.
Referensi eufemisme yang ditemukan dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online Okezone.com terdiri atas 8 referensi.  Referensi tersebut,  yaitu  benda  atau  hal,  sifat  atau  keadaan,  aktivitas,  orang,  profesi, penyakit, kematian, tabu.
Fungsi eufemisme yang ditemukan dalam rubrik berita pendidikan dan sosial pada situs berita online Okezone.com terdiri atas 12 fungsi. Fungsi eufemisme   tersebut,   yaitu   untuk   menunjukkan   solidaritas,   membanggakan sesuatu,  memuji,  memperhalus  ucapan,  menghormati  orang  lain,  menghindari tabu, menghindari kesan, menakutkan, menyindir orang lain, menyembunyikan maksud, pencitraan, melebih-lebihkan sesuatu.

Kata Kunci : eufemisme, tipe-tipe eufemisme, referensi, fungsi

×
Penulis Utama : Indah Margawati Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214036
Tahun : 2018
Judul : Eufemisme Dalam Rubrik Berita Pendidikan dan Sosial pada Situs Berita Online Okezone.Com
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-C0214036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.