Penulis Utama : Agus Sutanto
NIM / NIP : C0114003
×

Abstrak

Objek penelitian skripsi ini adalah karya sastra berbentuk novel berjudul Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) struktur yang membangun novel Lamtara- Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu menurut struktural Robert Stanton; (2) bagaimanakah aspek kepribadian tokoh Mardika menurut teori kepribadian Carl Gustav Jung; (3) bagaimanakah konflik batin yang dialami tokoh Mardika dalam novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu menurut struktural Robert Staton. (2) mendeskripsikan kepribadian tokoh Mardika berdasarkan teori psikologi Carl Gustav Jung. (3) mendeskripsikan konflik batin yang dialami tokoh Mardika dalam novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu.

Landasan  teori  dalam  penelitian  ini  dibagi  menjadi  tiga.  (1)  analisis struktural  yang  membangun  novel  Lamtara-Lamtara  Pinggir  Desa  karya  Sri Setya Rahayu yang berdasarkan teori struktural Robert Stanton meliputi fakta- fakta cerita (alur,karakter,latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang,  gaya  dan  tone,  simbolisme  dan  ironi).  (2) teori  analisis  kepribadian tokoh  Mardika  berdasarkan  teori  kepribadian  Carl  Gustav  Jung.  (3)  analisis konflik batin yang dialami tokoh utama yaitu Mardika.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu.  Data dalam penelitian ini berupa  teks novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu berupa unsur intrinsik, sikap jiwa dan koflik batin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analysis) dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil  analisis  dari  penelitian  ini  yaitu  :  (1)  secara  keseluruhan  novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa karya Sri Setya Rahayu menunjukkan kesatuan yang utuh dan sangat erat kaitannya satu sama lain. Unsur-unsur struktural saling terkait  sehingga  membentuk  satu  kesatuan  yang  utuh.  (2)  sikap  jiwa  tokoh Mardika termasuk dalam kepribadian extravert namun di satu sisi lain Mardika juga mempunyai sikap Introvert. (3) konflik batin yang dialami Mardika merupakan kepribadian yang dimilikinya.

Kata kunci : Novel, Konflik Batin, Tokoh Utama, Psikologi Sastra.

 

×
Penulis Utama : Agus Sutanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114003
Tahun : 2018
Judul : Konflik Batin Tokoh Mardika Dalam Novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa Karya Sri Setya Rahayu (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya. Jur. Sastra Daerah-C0114003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supana, M.Hum.
2. Dr. Prasetyo Adi W. W, S.S.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.