Penulis Utama : Maratus Sholihah
NIM / NIP : S601308006
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Penyakit paru obstruktif kronik adalah penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan dunia. Asap rokok dan partikel berbahaya menyebabkan stres oksidatif dan mengaktivasi pengeluaran mediator inflamasi antara lain IL-8. Quercetin adalah senyawa falvonoid yang mempunyai efek antiinflamasi yang dapat digunakan sebagai terapi tambahan pada PPOK stabil.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemberian quercetin terhadap kadar IL-8 serum, % VEP1, dan skor CAT penderita PPOK stabil
Metode :. Uji klinis eksperimental dengan pretest and posttest design terhadap 30 penderita PPOK stabil di poliklinik paru RSUD Dr. Moewardi Surakarta bulan Desember 2017 sampai dengan januari 2018. Sampel diambil secara purposive sampling dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok perlakuan mendapat terapi standar dan quercetin 500mg/hari selama 28 hari dan kelompok kontrol hanya mendapat terapi standar. Penurunan derajat inflamasi diukur dengan pemeriksaan IL-8 serum, perbaikan derajat obstruksi diukur dengan % VEP1, dan perbaikan klinis diukur dengan skor CAT.
Hasil : Terdapat perbedaan bermakna (p=0,001) penurunan jumlah nilai IL-8 serum darah kelompok perlakuan dibanding kontrol, tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai % VEP1 (p=0,021) antara kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol, dan terdapat perbedaan bermakna (p=0,001) skor CAT kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol.
Simpulan : Penambahan kapsul quercetin 500 mg/hari selama 28 hari menurunkan signifikan kadar IL-8 serum, menurunkan signifikan skor CAT
Kata kunci: Quercetin, PPOK stabil, IL-8 serum, %VEP, perbaikan klinis.

 

×
Penulis Utama : Maratus Sholihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S601308006
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pemberian Quercetin Terhadap Kadar Interleukin-8, Nilai %Vep1, Dan Skor Cat Penderita Ppok Stabil
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Pulmonologi
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Kedokteram, Program Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi-S601308006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. DR. Suradi, Dr., Sp.P(K) MARS
2. Jatu Apridasari Dr.Sp.P(K) FISR
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.