Penulis Utama : Tantri Octaviyarti
NIM / NIP : C0112055
×

ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah(1) jenis konjungsi dalam kalimat apa sajakah yang terdapat dalam novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata?,(2) apa sajakah fungsi konjungsi dalam kalimat sebagai penanda pertalian makna yang terdapat dalam novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata?
Tujuan dari penelitian ini adalah(1) mendeskripsikan jenis konjungsi dalam kalimat dalam novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata,(2) mendeskripsikan fungsi konjungsi dalam kalimatsebagai penanda pertalian makna penggunaan konjungsi bahasa Jawa dalam novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat-kalimat berkonjungsi yang terdapat dalam novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata. Sumber data penelitian ini adalah novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata. Pengumpulan data diawali dengan membaca secara berulang-ulang novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata, serta menyimak secara cermat dan seksama wacana cerita dalam novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata, selanjutnya, data tersebut dicatat ke dalam kartu data, disaring, kemudian diklasifikasikan (dikelompokkan). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik baca markah, teknik pilah unsur penentu, kategorisasi, tabulasi, dan pendeskripsian.
Simpulan penelitian ini adalah (1) terdapat 12 jenis konjungsi dalam kalimat yang terdapat dalan novel Lara Lapane Kaum Republik karya Suparto Brata yaitu: konjungsi koordinatif aditif (penambahan), konjungsi koordinatif koordinatif konstratif (pertentangan), konjungsi koordinatif alternatif (pemilihan), konjungsi subordinatif sekuensial (waktu/urutan), konjungsi subordinatif syarat, konjungsi subordinatif tujuan, konjungsi subordinatif perbandingan, konjungsi suordinatif sebab, konjungsi subordinatif hasil/akibat, konjungsi subordinatif alat/cara, konjungsi subordinatif atributif, dan konjungsi korelatif (menyatakan makna rangkaian penegasan, penambahan, dan pertentangan), (2) konjungsi bahasa Jawa dalam Novel Lara Lapane Kaum Republik Karya Suparto Brata berfungsi sebagai penanda makna alat, cara, penjumlahan, atrubutif, tujuan, kesimpulan, syarat, akibat, sebab, waktu, urutan, perbandingan, pertentangan, dan pemilihan.
Kata kunci: sintaksis, konjungsi, novel

 

×
Penulis Utama : Tantri Octaviyarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112055
Tahun : 2018
Judul : Konjungsi dalam Kalimat pada Novel Lara Lapane Kaum Republik Karya Suparto Brata (Suatu Kajian Sintaksis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilbu Budaya, Program Studi Sastra Daerah-C0112055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
2. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.