Penulis Utama : Rido Roiyan Martial
NIM / NIP : F0112083
×

Pembangunan sektor infrastruktur merupakan bagian penting dalam roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur diyakini mempunyai peran yang penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Keberadaan infrastruktur akan mendorong peningkatan produktivitas faktor-faktor produksi, memperlancar  mobilitas penduduk, barang dan jasa, juga memperlancar perdagangan antar daerah. Meningkatnya pembangunan infrastruktur tidak selalu diikuti dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Sehubungan dengan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh panjang jalan, jumlah industri, dan jumlah air bersih terhadap pertumbuhan ekonomi                        di Propinsi Jawa Tengah tahun 2012-2016.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data panel yang terdiri dari silang waktu periode tahun 2012-2016 dan silang tempat 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengestimasi model regresi ini adalah metode pendekatan common effect, fixed effect dan random effect.
Kesimpulan peneltian ini adalah : 1) panjang jalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah; 2) Jumlah industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah; dan 3) Jumlah air bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah

 

×
Penulis Utama : Rido Roiyan Martial
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0112083
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pengaruh Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi dan Bisnis-Prodi Ekonomi Pembangunan-F 0112083-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Daerobi, M.S.
2. Drs. Sutanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.