Penulis Utama : Pipit Dewi Puspitasari
NIM / NIP : K1213055
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi dengan media cetak menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) B SMK Gamaliel 1 Madiun. Melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW), peningkatan dapat dilihat secara proses dan produk.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yan telah dilaksnakan di SMK Gamaliel 1 Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM B yang terdiri dari 21 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif komparatif. Kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa dilihat dari batas pencapaian kiteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 72 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus berikutnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan media cetak dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi pada siswa kelas X TSM B SMK Gamaliel 1 Madiun. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dalam perhatian siswa terhadap pembelajaran, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa dalam pembelajaran, dan ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata- rata keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi dari siklus I dan siklus II. Skor rata- rata pada siklus I, yaitu 70,42, kemudian meningkat menjadi 82,80 pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan media cetak menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa kelas X TSM B SMK Gamaliel 1 Madiun berhasil<!--[if gte mso 9]><xml> 800x600 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} </style>

×
Penulis Utama : Pipit Dewi Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213055
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Dengan Media Cetak Siswa Kelas X Teknik Sepeda Motor (Tsm) B SMK Gamaliel 1 Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia-K 1213055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd
2. Dra. Raheni Suhita, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.