Penulis Utama : Dear Kurniawan Adi Anggara
NIM / NIP : M3113036
×

ABSTRAK

Aplikasi mobile berbasis android dipilih karena kebanyakan gadget saat ini mengadopsi OS Android sehingga membuat penggunanya lebih familiar. Aplikasi ini  didesain dari tiga jenis yaitu desain proses sistem, desain database dan desain user interface. Android studio yang terintegrasi dengan Google Maps API dan Database SQLite untuk pembuatan data halte dan koridor serta rute tiap koridor yang dilalui BST. Fungsi yang dapat dimanfaatkan pada aplikasi ini adalah fungsi Location Based Service sehingga pengguna  aplikasi dapat dengan mudah menemukan halte terdekat dari lokasi pengguna untuk menuju lokasi halte tujuan.

Pembuatan game aplikasi mobile berbasis android  dengan menggunakan beberapa metode yaitu ,Observasi lingkungan,Pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, study pustaka, browsing, konseptualisasi, analisa data. Pada analisa data penulis juga menganalisa proses bisnis .

Aplikasi Mobile Batik Solo Trans (M-BST) telah selesai dibuat dengan menggunakan frame work android studio dan codeigniter, bahasa pemrograman Java dan PHP, dan database MySQL. Aplikasi tersebut  dirancang dengan memfasilitasi tiga actor yaitu pengguna Batik Solo Trans sebagai user, karyawan Batik Solo Trans kota Surakarta sebagai admin, dan supir Batik Solo Trans kota Surakarta sebagai driver, aplikasi M-BST memiliki fitur mengetahui lokasi bus terdekat, halte terdekat, cari halte dari lokasi pengguna, sebaran halte, info halte, info bus, dan info koridor, serta telah diuji kevalidan sistemnya dengan menggunakan metode pengujian black box. Selain itu juga telah berhasil diuji pada empat perangkat android yang memiliki spesifikasi berbeda-beda.

Kata kunci: BST, MBST, android, batik solo trans, keberlanjutan, tranportasi, surakarta

×
Penulis Utama : Dear Kurniawan Adi Anggara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3113036
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Aplikasi Mobile Batik Solo Trans (M-Bst) Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS- FMIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3113036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Maulana Y, S.Si., M.Cs.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.