Penulis Utama : Rahmadhani Briliannisa Widowati
NIM / NIP : K1214048
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penokohan Novelet Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa; (2) konflik batin melalui id, ego, dan superego tokoh utama dalam Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa; dan (4) relevansi Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa sebagai materi pembelajaran sastra di sekolah menengah atas.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Dokumen berupa Novelet Ketika Mas Gagah Pergi karya Helvy Tiana Rosa dan informan meliputi siswa, guru, dan pengarang Forum Lingkar Pena. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tema yang diangkat dalam novelet adalah ketuhanan. Tokoh utamanya adalah Gagah, Gita, dan Yudi yang merupakan tokoh protagonis. Alurnya merupakan alur maju. Cerita berlatar di Jakarta pada tahun 1994. sudut pandang berupa orang pertama pelaku utama. Amanatnya adalah jadilah agen kebaikan yang baik; (2) tokoh Gagah dan Yudi memiliki unsur id, ego, dan superego, tokoh  Gita memiliki id dan ego yang tinggi serta mengalami konflik batin paling kuat yang kemudian dipengaruhi oleh superego yang baik; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novelet meliputi Religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab; dan (4) Novelet Ketika Mas Gagah Pergi relevan untuk  dijadikan bahan ajar jika dilihat dari keterkaitannya dengan tujuan instruksional yang harus dicapai, juga dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan.

 

×
Penulis Utama : Rahmadhani Briliannisa Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214048
Tahun : 2018
Judul : Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dan Nilai Pendidikan Karakter Novelet Ketika Mas Gagah Pergi Karya Helvy Tiana Rosa Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia-K 1214048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nugraheni Eko Wardhani, S.S., M.Hum
2. Slamet Mulyono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.