Penulis Utama : Ely Masykuroh
NIM / NIP : T431008013
×

Abstrak

Hal baru dalam penelitian ini adalah mencoba mengukur kinerja perbankan syariah dengan menurunkan konsep maqashid syariah dikombinasikan dengan teori stakeholders yang menghasilkan rasio untuk mengukur kinerja keuangan dan sosial. Inkonsistensi hasil penelitian sebelumnya menjadi motivasi untuk melakukan   penelitian lebih lanjut. Beragam temuan tentang hubungan kinerja keuangan dan sosial khususnya tentang pengaruh kinerja sosial terhadap kinerja keuangan juga memotivasi peneliti  untuk  menguji  kembali  dengan  melakukan  analisis  hubungan kedua kinerja tersebut dan menjadikan bentuk Negara sebagai variabel moderasi pada hunungan kedua kinerja tersebut. Negara muslim dan non Muslim dalam penelitian ini kemudian dibagi menjadi tiga kelompok Negara, yaitu Negara Islam, Negara Mayoritas dan Minoritas Muslim.
Metode dalam penelitian ini memilih 384 observasi dari 48 perbankan syariah di beberapa negara dengan menggunakan teknis purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian. Data penelitian berupa annual report dari sejumlah perbankan syariah sejak tahun 2008 -
2015.  Teknis  analisis  menggunakan   Multi   Regression   Analysis  dan
Regresi Moderasi.
Hasil   penelitian   ini   menunjukan   adanya   rata-rata   kinerja keuangan  profitabitas  dan efisiensi bank syariah di Negara Muslim lebih rendah dibandingkan di Negara non Muslim. Risiko kridit (NPF) dan likuiditas (FDR) bank syariah di Negara Muslim lebih tinggi dibandingkan di Negara non Muslim. Hasil temuan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kinerja sosial pada kinerja keuangan serta bentuk Negara memoderasi hubungan kedua kinerja perbankan tersebut.

Kata Kunci : Profit Sharing, Maslahah, Social Performance, Financial Performanace

 

×
Penulis Utama : Ely Masykuroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T431008013
Tahun : 2018
Judul : Kinerja Perbankan Syariah Berdasarkan Implementasi Maqashid Syariah (Studi pada Negara Muslim dan Non Muslim)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Program Doktor Ilmu Ekonomi-T431008013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ec
2. Prof. Dr. Salamah Wahyuni, SU
3. Irwan Trinugroho, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.