Penulis Utama : Sri Sudariyah
NIM / NIP : K7114175
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses penerapan digital storytelling pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan media digital storytelling dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berupa praktik berbicara dan nontes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) langkah penerapan media digital storytelling dalam pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Langkah kegiatan awal yaitu: (a) mengondisian peserta didik secara fisik dan psikis; (b) memberikan motivasi; (c) melakukan apersepsi, dan (d) menjelaskan tujuan pembelajaran. Langkah kegiatan inti yaitu: (a) memberikan gambaran tentang media digital stortyelling; (b) menjelasakan materi; (c) menampilkan media digital stortyelling; (d) simulasi bercerita; (e) siswa bercerita; (f) memberikan tanggapan kepada siswa yang bercerita oleh guru; (g) memberikan tanggapan kepada siswa oleh siswa; dan (h) tanya jawab materi. Langkah kegiatan akhir yaitu: (a) menyimpulkan kegiatan pembelajaran; (b) memberikan tindak lanjut; dan (c) menulis hal-hal penting. (2) Penerapan media digitl storytelling dalam pembelajaran dapat meningkatan keterampilan berbicara siswa yang dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siklus I= 60,94, siklus II = 79,64, dan siklus III= 100%. (3) Kendala penerapan media digital storytelling dalam pembelajaran yaitu: (a) pengenalan media kurang optimal; (b) siswa kurang aktif dalam berpendapat; dan (c) siswa kurang percaya diri saat bercerita. Solusi dari kendala tersebut yaitu: a) memaksimalkan penggunaan media; b) memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif; dan (c) memberikan simulasi bercerita dan dorongan kepada siswa yang akan bercerita.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media digital storytelling dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IIII SDN 5 Kebumen.

 

×
Penulis Utama : Sri Sudariyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114175
Tahun : 2018
Judul : Digital Storytelling: Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara Di Kelas Iii Sdn 5 Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP Prodi PGSD-K 7114175-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Ratna Hidayah, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.