Penulis Utama : Endah Kuswanti
NIM / NIP : F3515023
×

ABSTRAKS 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penggunaan saluran distribusi pada penjualan bahan pangan komersila Perum BULOG Sub Divre III Surakarta dan untuk mengetahui saluran distribusi yang palaing efektif yang digunakan oleh Perum BULOG Sub Divre  III Surakarta dalam penjualan bahan pangan komersil ditinjau dari tingkat penjualan. Penelitain ini dilakukan di Pusat Distrbusi yang berada di wilayah pergudangan Perum BULOG Sub Divre III Surakarta di wilayah Ngabean, Kartasura, Sukoharjo. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang memusatkan perhatian pada suatu kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan (observasi) langsung diwilayah Pusat distrubusi bahan pangan komersil dan  wawancara (interview) yang  dilakukan oleh peneliti dengan narasumber Manajer Pusat Distribusi dan staff komersil Perum BULOG Sub Divre III Surakarta Bulog. 

Hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa dalam menjalankan fungsi Perum BULOG Sub Divre III Surakarta  melalui penjualan bahan pangan komersil. Perum BULOG Sub Divre III Surakarta menggunakan tingkatan saluran distribusi langsung untuk meningkatkan efesiensi distribusi melalui Pasar Murah, Lembaga/Perusahaan, HOREKA (Hotel, Restoran, Katering), BPNT dan menggunakan saluran distribusi tidak langsung untuk meningkatkan pemasaran produk bahan pangan komersil melalui Distributor, Toko/Retail, dan RPK (Rumah Pangan KITA). Saluran distribusi yang paling efektif adalah melalui RPK. Dengan penjualan melalui RPK Perum BULOG Sub Divre III Surakarta  dapat menjalankan fungsi ketersediaan dan stabilitator harga bahan pangan. Selain itu penjualan bahan pangan melalui RPK mampu mingkatkan penjualan serta pemasaran produk bahan pangan Perum BULOG Sub Divre III Surakarta.  

Solusi dan saran yang diberikan antara lain: (1) membentuk dua devisi dalam bagian penjualan bahan pangan komersil, (2) Perum BULOG Sub Divre III Surakarta dapat membuat program yang dapat meningkat transaksi pembelian yang dilakukan oleh SAHABAT RPK, (3) Perum BULOG Sub Divre III Surakarta dapat segera menyelesaikan pembuatan Voucher/card BPNT untuk meningkatkan peran RPK (Rumah Pangan KITA) dalam penjualan bahan pangan komersilnya.

×
Penulis Utama : Endah Kuswanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515023
Tahun : 2018
Judul : Analisis Saluran Distribusi pada Penjualan Bahan Pangan Komersil Perum Bulog Sub Divre Iii Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Program Studi Diploma III Manajemen Bisnis-F3515023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah, SE., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.