Penulis Utama : Milladina Noer Hanifah
NIM / NIP : K3514031
×

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana pengaruh yang disebabkan oleh penggunaan media sosial dan intensitas bermain online game terhadap mata kuliah peminatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif expose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret angkatan 2014 hingga 2017 sebanyak 231 mahasiswa. Untuk penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling dan jumlah sampel berdasarkan  tabel  Krejcie.  Adapun  teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan dokumen berupa nilai mahasiswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan analisis regresi berganda.
Hasil  penelitian  ini  berdasarkan  nilai  beta  (β)  yang  berfungsi  sebagai penentu   apakah   hasil   berpengaruh   positif   atau   negatif.   Hasil   penelitian menyatakan  terdapat  pengaruh positif  sebesar  1,7%  antara penggunaan  media sosial terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai β = 0,008. Terdapat pengaruh negatif sebesar 5,3% antara intensitas bermain online game terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai β = -0,003. Terdapat pengaruh penggunaan media sosial dan intensitas bermain online game terhadap hasil belajar secara bersama-sama dibuktikan dengan nilai Fhitung  sebesar 5,800. Sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk mahasiswa agar dapat lebih bijaksana dan tidak menyalahgunakan dalam penggunaan teknologi. Selain itu untuk para pengajar dan orang tua dihimbau supaya lebih tegas dalam memperhatikan perilaku anak atau mahasiswa yang menggunakan media sosial dan online game jika sudah melampaui batas.

 

×
Penulis Utama : Milladina Noer Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3514031
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Intensitas Bermain Online Game Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Peminatan Mahasiswa Ptik FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Kompute-K 3514031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd
2. Puspanda Hatta, S.Kom., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.