Penulis Utama : Adrian Ihsan
NIM / NIP : K5613004
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)  Pengaruh Latihan kelincahan antara coverage drill dan zig zag exercise Terhadap kelincahan futsal Pada siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018. (2) Manakah Latihan yang lebih baik  pengaruhnya antara metode latihan Kelincahan coverage drill dan zig zag run exercise Terhadap Kelincahan futsal Pada siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018.                    
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018 yang berjumlah adalah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan Nonprobability yaitu sampel jenuh atau sering disebut total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes Illinois Agility run sebagai pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji-t) dengan membandingkan hasil pretest dan postes dengan melalui uji prasyarat terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas.                         
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat Pengaruh kelincahan pada kelompok coverage drill yaitu peningkatan sebesar 2,38% dan pada kelompok  zig zag run exercise yaitu peningkatan sebesar 2,16% Terhadap Kelincahan futsal Pada siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018. (2) Latihan Kelincahan coverage drill lebih baik dari latihan zig zag run dalam meningkatkan kelincahan futsal pada siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018. Berdasarkan persentase latihan kelincahan menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok perlakuan dengan metode latihan coverage drill) adalah 2.38% > kelompok 2 (kelompok perlakuan  metode latihan zig zag run exercise) adalah 2.16%. Keduanya mempunyai selisih yang cukup kecil dan secara statistik ada perbedaan antara keduanya yaitu nilai t hitung coverage drill sebesar 3.352 dengan nilai t table 2.101 dan nilai t hitung zig zag run exercise  sebesar 3.170 dengan nilai t tabel 2,101. Penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat Pengaruh Latihan coverage drill dan zig zag run exercise Terhadap kelincahan futsal pada siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018; (2) Latihan Kelincahan coverage drill lebih baik dari zig zag run dalam meningkatkan kelincahan futsal pada siswa ekstrakurikuler futsal SMAN 3 Surakarta tahun 2018.

×
Penulis Utama : Adrian Ihsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613004
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Latihan Coverage Drill dan Zig Zag Run Exercise Terhadap Kelincahan Futsal pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMAN 3 Surakarta Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5613004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Mariyanto, M.Kes.
2. Drs. Sarjoko Lelono M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.