Penulis Utama : Yudi Setyo Nugroho
NIM / NIP : C0113064
×

Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah Sêrat Baru Klinthing koleksi perpustakaan Sanabudaya Yogyakarta. SBK merupakan naskah tunggal. Permasalahan   yang  dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah  1)  bagaimanakah suntingan  teks  SBK  yang bersih  dari  kesalahan  dan  mendekati  aslinya  sesuai dengan  cara  kerja  penelitian  filologi?  dan  2)  bagaimana  isi  yang  terkandung dalam teks SBK?

Tujuan  penelitian  ini  adalah  1)  menyajikan  suntingan  teks  SBK  yang bersih dari kesalahan atau mendekati aslinya sesuai cara kerja penelitian filologi dan 2) mengungkapkan isi yang terkandung dalam teks SBK.

Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian filologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah SBK koleksi Perpustakaan Sanabudaya Yogyakarta. Data berupa naskah dan teks beserta varian-varian dan isi dalam naskah SBK. Teknik pengumpulan data berupa langkah kerja filologi: inventarisasi naskah, mendaftar   judul   naskah   yang   sama,   melakukan   pengecekan   ke   lokasi penyimpanan naskah dan melakukan pengamatan, fotografi, kemudian data ditransfer ke komputer. Data yang tersimpan dibuka melalui Program Microsoft Office Picture Manager untuk ditranskripsi kemudian melakukan transliterasi terhadap SBK. Metode penyuntingan menggunakan metode edisi standar terhadap naskah SBK yang merupakan naskah tunggal. Analisis data menggunakan cara kerja filologi. Analisis isi mengggunakan kajian isi (content analysis).

 

×
Penulis Utama : Yudi Setyo Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113064
Tahun : 2018
Judul : Naskah sêrat baru klinthing (suatu tinjauan filologis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Ilmu Budaya-Prodi Sastra Daerah -C 0113064-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum
2. Drs. Waridi Hendro Saputro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.