Penulis Utama : Pangesti Tri Kusuma
NIM / NIP : R0015075
×

ABSTRAK 

Latar Belakang : Kelelahan kerja merupakan menurunnya kondisi fisik tenaga kerja yang memberikan kontribusi 50% terhadap terjadinya kecelakaan kerja. manajemen kelelahan merupakan program untuk mengurnangi tingkat kelelahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelelahan tenaga kerja dan program manajemen kelelahan yang terdapat pada proyek pembangunan Gedung Indonesia 1 PT Acset Indonusa Tbk.  

Metode : Penelitian ini menggunakan metode diskriptif untuk menggambarkan tingkat kelelahan tenaga kerja dan juga program manajemen kelelahan yang terdapat pada proyek pembangunan Gedung Indonesia 1 PT Acset Indonusa Tbk, Jakarta Pusat 

Hasil : Berdasarkan pengukuran yag diakukan, tingkat kelelahan tenaga kerja yang terdapat pada proyek pembangunan Gedung Indonesia 1 PT Acset Indonusa Tbk mengalami kenaikan pada tenaga kerja yang melakukan kerja lembur, selain itu proyek pembangunan Gedung Indonesia 1 telah menerapkan program manajemen kelelahan untuk mengurangi tingkat kelelahan tenaga kerja. 

Simpulan : Terjadi peningkatan kelelahan kerja pada pengukuran pertama dan kedua, Proyek pembangunan Gedung Indonesia 1 telah menerapkan program manajemen kelelahan, hal ini telah sesuai menurut Setyawati (2013).  

Kata kunci : Kelelahan kerja, manajemen kelelahan.

×
Penulis Utama : Pangesti Tri Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015075
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Tingkat Kelelahan Tenaga Kerja dan Program Manajemen Kelelahan pada Proyek Indonesia 1 Pt Acset Indonusa Tbk Jakarta Pusat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Program Studi D.Iii Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0015075-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sarsono, Drs,. M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.