Penulis Utama : Bangun Kriyanto
NIM / NIP : S831208012
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) kelayakan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik pada materi listrik statis; (2) efektivitas modul fisika dengan pendekatan saintifik pada materi listrik statis terhadap hasil belajar di SMA Negeri 2 Purwokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang dilaksanakan dari bulan Februari 2017 hingga Mei 2017. Kelayakan media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, validasi guru, dan validasi teman sejawat. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Purwokerto tahun akademik 2016/2017 sebanyak 40 siswa dengan rincian 10 siswa sebagai subjek uji coba terbatas dan 30 siswa sebagai subjek uji coba pemakaian. Modul disebarkan pada guru-guru fisika SMA. Data hasil penelitian berupa nilai validasi modul oleh ahli, guru dan teman sejawat, respon keterbacaan siswa, nilai tes prestasi, respon siswa, dan respon guru.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (1) modul fisika dengan pendekatan saintifik materi elastisitas untuk siswa kelas XII SMA/MA yang dikembangkan dinyatakan layak dengan kategori sangat baik yaitu dengan nilai hasil validasi ahli 91,7%, nilai hasil validasi guru 92,2%, nilai hasil validasi teman sejawat 92,4%. Respon siswa pada uji coba kecil memperoleh 84% dengan kategori sangat baik. respon siswa setelah uji besar 86% kategori sangat baik dan respon guru SMA sebesar 94% kategori sangat baik; (2) modul fisika hasil produk pengembangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar ditinjau dari skor rata-rata pretest 30 dan posttest 63,67 dengan nilai gain 34 dan gain ternormalisasi sebesar 0,38 yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan pada kategori sedang. Sehingga pembelajaran  melalui modul fisika dengan pendekatan siantifik mendapat respon positif dalam pembelajaran dan dapat memberikan motivasi belajar siswa serta sebagai tolak ukur bahwa siswa merasa senang dengan produk yang dikembangkan.

Kata Kunci : Modul Fisika, Saintifik, Listrik Statis

×
Penulis Utama : Bangun Kriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831208012
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik Materi Listrik Statis untuk Siswa Kelas XII SMA/MA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Sains Minat Utama Fisika-S831208012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof., Dra. Suparmi, MA, Ph.D.
2. Dr. Sarwanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.