Penulis Utama : Rikasari Nastiti
NIM / NIP : H0814115
×

ABSTRAK

Tanaman pangan khususnya padi memiliki peranan penting dalam menunjang kehidupan sebagian besar penduduk Indonesia. Produksi padi dipengaruhi oleh penggunaan faktor produksi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keuntungan yang diperoleh petani, pengaruh penggunaan faktor produksi terhadap produksi serta kondisi optimum penggunaan faktor produksi di Kabupaten Sukoharjo.
Metode dasar penelitian ini adalah metode desktipsi dengan teknik survei. pemelilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Kecamatan Sukoharjo khususnya di Kecamatan Polokarto dan Kecamatan Nguter. Pemilihan lokasi berdasarkan luas panen dan jumlah produksi tertinggi di Kabupaten Sukoharjo. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 65 sampel yang diambil dari dua wilayah penelitian. Pengambilan sampel berdasarkan metode proporsional rondom sampling sehingga sampel di Kecamatan Polokarto adalah sebanyak 43
sampel dan 22 sampel di Kecamatan Nguter. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis keuntungan dengan konsep biaya menghasilkan, analisis regresi fungsi produksi Cobb-Douglass, analisis optimasi penggunaan faktor produksi dengan pendekatan Marginal Physical Product (MPP).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani di Kabupaten Sukoharjo dalam satu kali musim tanam mengeluarkan biaya usahatani sebesar Rp 6.067.181,94 per usahatani  (atau  per  0,357  ha)  dan  penerimaan  yang  diperoleh  adalah  Rp
12.963.692,31 per usahatani sehingga keuntungan yang diterima adalah sebesar Rp
6.896.510,37 per usahatani. Analisis regresi menunjukkan bahwa penggunaan tenaga kerja, benih, pupuk Organik, Urea, Phonska, SP36 dan pestisida secara bersama-sama berpengaruh terhadap produksi padi dimana 87,9% dijelaskan oleh variabel tersebut. Tenaga kerja, benih dan pupuk Phonska secara individu berpengaruh nyata terhadap produksi padi. Kondisi optimal dicapai dengan menggunakan pupuk Phonska sebagai faktor pembatas dikarenakan penggunaan pupuk Phonska harus sesuai dengan anjuran pemakaiannya sehingga kebutuhan akan unsur hara tanaman terpenuhi. Kondisi optimal dicapai dengan kombinasi penggunaan luas lahan sebesar 8,08 HKO dan penggunaan benih sebesar 59,01 kg.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada petani yaitu petani diharapkan menekan biaya usahatani, penekanan biaya dapat dilakukan melalui kelompok tani dengan melakukan kegiatan sewa alat-alat produksi sehingga biaya sewa tersebut dapat diminimalisir. Petani diharapkan mengurangi penggunaan pestisida kimia dan beralih pada pestisida nabati yang lebih ramah lingkungan serta biaya untuk memperoleh pestisida nabati lebih terjangkau. Petani diharapkan dapat mengoptimalkan lahan dengan menggunakan benih yang berkualitas unggul seperti Ciherang dan  Inpari 33. Penyuluhan terkait dengan standart baku dosis dan anjuran dalam penggunaan pupuk dan pestisida perlu dilakukan sehingga petani lebih efisien dalam menjalankan usahataninya.

Kata Kunci: Tanaman, Pangan, Padi    

 

×
Penulis Utama : Rikasari Nastiti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814115
Tahun : 2018
Judul : Analisis Optimasi Penggunaan Faktor Produksi pada Usahatani Padi (Oryza Sativa L.) di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prog. Studi Agribisnis- H0814115-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.
2. R.R. Aulia Qonita, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.