Penulis Utama : Siti Nurkhasanah
NIM / NIP : K2314046
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Pendekatan penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran remedial. PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data diambil dari Narasumber yaitu Guru dan siswa, tempat dan peristiwa berlangsungnya penelitian, dan dokumen atau arsip yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu pengumpulan
data melalui teknik observasi, wawancara, dan tes tertulis. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrumen pengambilan data berupa tes obyektif yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif dengan didukung data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran remedial dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat teacher centered sehingga siswa menjadi kurang aktif dan pemahaman terhadap materi masih kurang yang mengakibatkan belum tuntasnya hasil belajar siswa sesuai dengan standar yang ditentukan. Pada prasiklus siswa yang   mencapai   ketuntasan   belajar   sebesar   0%   dari   keseluruhan   siswa.
Peningkatan terjadi pada siklus I, sebanyak 22.58% dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil ini meningkat pada siklus II menjadi 64.52% dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dikarenakan pada siklus II dilakukannya perbaikan pada sintaks TAI tahapan team, placement test, dan team study yang menjadikan siswa lebih aktif berdiskusi dalam kelompoknya sehingga pemahaman terhadap materi menjadi lebih maksimal.


Kata  Kunci:  Remediasi,  Hukum  Newton  tentang  gravitasi,  Team  Assisted
Individualization (TAI), Ketuntasan Belajar

×
Penulis Utama : Siti Nurkhasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314046
Tahun : 2018
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X Mia 2 SMA Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pendidikan Fisika- K2314046-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.