Penulis Utama : Sunda Nurfiani
NIM / NIP : H0814131
×

ABSTRAK


Lahan gambut merupakan ekosistem yang terbentuk dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan baik yang sudah lapuk maupun belum, yang proses penguraiannya sangat lambat sehingga tanah gambut memiliki kandungan bahan organik. Masyarakat lahan gambut bermata pencaharian sebagai seorang nelayan ikan tuakang, ikan tuakang dapat dijadikan diversifikasi produk olahan. Hal tersebut membuka kesempatan kepada masyarakat lahan gambut untuk menjadi sebagai wirausaha di bidang pengolahan ikan tuakang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap masyarakat lahan gambut, norma subjektif, motivasi serta pengetahuan terhadap niat berwirausaha olahan ikan tuakang masyarakat lahan gambut di Kecamatan Kerumutan. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode penentuan lokasi adalah purposive sampling. Pertimbangan dalam menentukan lokasi adalah wilayah Kecamatan Kerumutan merupakan daerah gambut pesisir dalam Kesatuan Hidrologis Gambut yang dilalui sungai Kampar dan penelitian ini bagian kerjasama antara proyek Badan Restorasi Gambut dan Universitas Sebelas Maret Surakarta mengenai Analisis Mata Pencaharian Masyarakat Lahan Gambut Di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Penentuan sampel menggunakan metode judgement sampling yaitu masyarakat di lahan gambut yang masih berusia produktif (15-64 tahun) sebanyak 40 responden. Pada penelitian ini analisis yang digunakan ekonometrika dengan metode analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan alat SPSS versi 20.0.
Hasil peneitian dengan menggunakan Ekonometrika model regresi linier berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 6,927 + 0,145X1 +
0,148X2 + 0,624X3 - 0,094X4. Nilai sebesar 0,745 yang berarti besarnya pengaruh variabel   sikap,   norma   subjektif,   motivasi   dan   pengetahuan   terhadap   niat
berwirausaha olahan ikan tuakang sebesar 74,5%, sedangkan sisanya sebesar 25,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan niat bahwa keempat variabel secara simultan berpengaruh terhadap niat berwirausaha olahan ikan tuakang. Pengujian t menunjukkan bahwa variabel sikap, noma subjektif dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha olahan ikan tuakang, sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha olahan ikan tuakang. Variabel motivasi memiliki pengaruh yang tinggi sebesar 0,624. Saran yang diberikan peneliti yaitu sebaiknya masyarakat lahan gambut di Kecamatan Kerumutan lebih meningkatkan sikap positif, memperkuat keyakinan normatif serta mendorong motivasi dalam diri masyarakat lahan gambut terhadap niat berwirausaha olahan ikan tuakang. Serta pemerintah sebaiknya memperbaiki keterbatasan akses informasi, akses internet, meningkatkan kualitas pendidikan, menciptakan peluang usaha dan memfasilitasi yang dibutuhkan masyarakat lahan gambut untuk memulai usaha.


Kata Kunci : Ikan Tuakang, Riau, Lahan Gambut, produk olahan

×
Penulis Utama : Sunda Nurfiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814131
Tahun : 2018
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Lahan Gambut terhadap Niat Berwirausaha Olahan Ikan Tuakang (Studi Kasus di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prog. Studi Agribisnis- H0814131-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.
2. Nuning Setyowati, S.P., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.