Penulis Utama : Vani Fadlullah
NIM / NIP : K2514066
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis perekat dalam komposisi RDF berbahan limbah padat aren terhadap performansi pada proses gasifikasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Variasi jenis perekat  yang  digunakan  yaitu  tepung kanji,  tepung  beras,  dan  kulit  manggis. Adapun perbandingan komposisi limbah padat aren dan perekat yaitu 7:3 gram. Limbah padat aren sebelumnya disaring menggunakan mesh 10. Pembuatan dan pengujian RDF dilakukan di Laboratorium Bengkel Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS.
Hasil penelitian menunjukkan distribusi suhu pada proses gasifikasi biomasa RDF dengan jenis perekat kulit manggis menghasilkan distribusi suhu pada ruang oksidasi dan panas nyala apinya sebesar 968oC dan 793oC, dengan lama waktu operasi 82 menit dan zat sisa pembakaran 614 gram. RDF dengan jenis perekat tepung beras menghasilkan distribusi suhu pada ruang oksidasi dan panas nyala apinya sebesar 963oC dan 791oC, dengan lama waktu operasi 81 menit dan zat sisa pembakaran 602 gram. RDF dengan jenis perekat tepung kanji menghasilkan distribusi suhu pada ruang oksidasi dan panas nyala apinya sebesar
959oC dan 782oC, dengan lama waktu operasi 84 menit dan zat sisa pembakaran 588   gram.   Bedasarkan   hasil   penilitian,   perbedaan   jenis   perekat   RDF mempengaruhi peformansi pada proses gasifikasi.

×
Penulis Utama : Vani Fadlullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514066
Tahun : 2018
Judul : Analisis Performansi Proses Gasifikasi Refuse Derived Fuel (RDF) Limbah Padat Aren dengan Variasi Jenis Bahan Pengikat
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., MT
2. Ir. Rusin Bugis, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.